Protes Anti-Vaksin di Prancis dan Yunani, Ratusan Ribu Warga Demo Turun di Jalan

KNews.id- Prancis tak hanya harus berjibaku menahan penyebaran virus corona, mereka juga harus menghadapi banyaknya tekanan dari warga yang enggan divaksin. Baru-baru ini, pemerintah setempat memutuskan vajib vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehat.

Termasuk dalam keputusan itu adalah kartu kesehatan sebagai syarat warga masuk restoran atau tempat-tempat lain. Hal ini memicu banyaknya protes hingga berujung aksi demonstrasi.

Dilansir dari VOA Indonesia, Ahad (18/7), lebih dari 100.000 orang berdemonstrasi di seluruh Perancis untuk memprotes vaksinasi wajib bagi tenaga kesehatan dan “kartu kesehatan” yang diperlukan untuk memasuki restoran dan tempat-tempat lain.

Sebuah aksi di Paris pada Sabtu (17/7) yang diadakan oleh seorang politisi berhaluan ekstrem kanan dan anti-vaksin mengundang massa yang besar. Mereka marah dengan peraturan baru yang diumumkan Presiden Emmanuel Macron pekan ini.

Upaya-upaya Macron itu bertujuan untuk memperlamban penyebaran varian delta dan melindungi rumah sakit dari gelombang virus yang baru.

Pemerintah juga mengumumkan pengetatan kontrol perbatasan mulai Minggu (18/7). Tapi juga mengatakan akan mengizinkan masuk pelancong internasional yang telah divaksin penuh dengan vaksin-vaksin yang disetujui, termasuk dengan AstraZeneca yang diproduksi di India. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan lebih dari 110.000 orang tewas di Perancis dan merugikan perekonomiannya.

Sementar di Yunani, lebih dari 5.000 demonstran mengelar aksi protes menentang program wajib vaksinasi Covid-19 di Athena, Yunani (14/7).

Pendemo juga menyerukan Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis untuk mengundurkan diri. Para demonstran merasa pemerintah tidak punya hak untuk menentukan hak tiap individu. Sekitar 41 persen orang di Yunani telah divaksinasi penuh.

Pada Senin (12/7), pemerintah memerintahkan vaksinasi wajib bagi petugas kesehatan dan staf panti jompo menyusul peningkatan tajam infeksi Covid-19.

Baca Juga   Likuiditas Melimpah, OJK Sebut Ekonomi Indonesia Siap Tumbuh

Yunani, melaporkan total 444.700 kasus Covid-19 dan 12.782 meninggal dunia. Otoritas setempat mencatat hampir 3.000 infeksi baru harian pada Rabu (14/7). (Ade/sra)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Contact me
email