spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Progres Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Sudah 88%, WIKA Targetkan Beroperasi di Juli 2023

KNews.id– PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) berencana mengoperasikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada awal Juli 2023, dimana progress proyek tersebut sudah mencapai 88%.

Direktur Utama Wika, Agung Budi Waskito, mengatakan bahwa KCJB akan merencanakan 2 tahap menuju pengoperasian tersebut yaitu dengan melakukan uji coba dari Tegalluar menuju Padalarang yang akan dilaksanakan pada akhir November tahun ini, serta commercial operation date (COD) di tahun 2023.

- Advertisement -

“Direncanakan 2 tahap yang pertama dalam rangka G20 kita kemungkinan akan trial dari tegalluar menuju padalarang di akhir november, kemudian COD atau deliverynya itu akan direncanakan di tahun 2023. Jadi rencananya awal juli untuk KCJB bisa dioperasikan,” ucap Agung dalam konferensi pers Public Expose Live, 13 September 2022.

Saat ini, lanjutnya, sisa pekerjaan yang dilakukan oleh WIKA untuk proyek KCJB adalah perampungan stasiun Halim dan Cawang yang telah mencapai 75% dan ditargetkan selesai pada Juni tahun depan.

- Advertisement -

Kemudian terkait dengan Ibu Kota Negara (IKN), WIKA telah mendapatkan 2 paket pekerjaan dari 19 paket, yaitu proyek jalan tol Kariangau-Simpang Tempadung, serta rumah hunian untuk pekerja. Nilai proyek yang sudah didapat hingga saat ini telah mencapai Rp1,1 triliun.

“Di luar itu kita masih memproses beberapa tender yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, sehingga memang target kita di IKN cukup besar karena merupakan anggaran dari pemerintah yang merupakan prioritas WIKA,” imbuhnya.

- Advertisement -

Selain itu, target kontrak baru WIKA sampai dengan saat ini sudah mencapai Rp18 triliun dan sampai akhir tahun perusahaan akan menargetkan hingga Rp39 triliun. (Ach/Ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini