spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Profil Marwan Barghouti, Simbol Perlawanan Palestina Meski Mendekam di Penjara Israel

KNews.id – Marwan Barghouti merupakan salah figur paling berpengaruh dalam perjuangan rakyat Palestina. Dia mendekam di penjara Israel karena dihukum bui seumur hidup oleh rezim Zionis. Sosoknya dikenal sebagai aktivis dan politisi yang sangat dihormati di Palestina.

Ketika Hamas dan Israel melakukan tukar tawanan beberapa bulan lalu, banyak warga Palestina berharap Barghouti berada di antara tahanan yang dibebaskan.

- Advertisement -

Profil Marwan Barghouti Dari Aktivis hingga Tahanan Politik

Marwan Barghouti lahir di Kobar, Tepi Barat, pada 6 Juni 1959. Dia adalah seorang pemimpin politik Palestina dan anggota senior Fatah.

- Advertisement -

Dia dikenal sebagai salah satu figur paling berpengaruh dalam perjuangan Palestina, dan meskipun dipenjara oleh Israel, dia tetap menjadi simbol perlawanan dan harapan bagi rakyatnya. Barghouti dibesarkan di keluarga yang aktif dalam politik.

Sejak muda, dia terlibat dalam aktivisme pro-Palestina dan bergabung dengan Fatah pada usia 15 tahun. Dia sering dipenjara oleh Israel karena aktivitasnya, termasuk selama Intifada Pertama (1987-1991).

Peran dalam Politik dan Intifada

Kedua Setelah dibebaskan dari penjara Israel pada tahun 1994, Barghouti menjadi salah satu pemimpin politik paling populer di Palestina.

Dia terpilih sebagai anggota Dewan Legislatif Palestina dan menjadi sekutu dekat almarhum Yasser Arafat. Namun, setelah kegagalan proses perdamaian Oslo, Barghouti menjadi salah satu pemimpin Intifada Kedua (2000-2005).

Dia mendirikan Tanzim, kelompok milisi Fatah, dan dituduh oleh rezim Zionis bertanggung jawab atas berbagai serangan terhadap warga Israel. Pada tahun 2002, Barghouti ditangkap oleh Israel dan dihukum lima kali penjara seumur hidup atas tuduhan pembunuhan dan terorisme.

Dia tetap dipenjara di Penjara Hadarim, meskipun banyak yang menyerukan pembebasannya.

Pengaruh dan Warisan

Meskipun dipenjara, Barghouti tetap menjadi figur politik yang sangat dihormati di Palestina. Dia menulis buku dan artikel tentang perjuangan Palestina, dan banyak yang melihatnya sebagai pemimpin masa depan yang potensial.

Barghouti telah mendedikasikan hidupnya untuk perjuangan kemerdekaan Palestina dan telah menginspirasi banyak orang dengan keberanian dan tekadnya.  (Zs/Snd)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini