spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Profil dr Soeharto, Dokter Pribadi Sukarno yang Jadi Pahlawan Nasional

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut profil Dr dr HR Soeharto dari Jawa Tengah

Dr dr HR Soeharto atau Dokter Soeharto merupakan salah tokoh yang berasal dari Jawa Tengah. Beliau dikenal sebagai dokter pribadi Ir Soekarno (Bung Karno) selama masa pra kemerdekaan. Nama Mayor Jenderal Dr dr HR Soeharto sebelumnya telah diusulkan untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional pada masa pemerintahan Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

- Advertisement -

Menurut data yang dilansir dari laman Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, Dokter Soeharto memiliki nama lengkap Soeharto Sastrosoeyoso. Ia lahir pada 24 Desember 1908 di Tegalgondo, Solo, Jawa Tengah. Sebelumnya, Dokter Soeharto pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno pada masa demokrasi terpimpin pada tahun 1959 hingga 1966.

Selain itu Dokter Soeharto menjadi salah satu pendiri bank pertama di Indonesia yakni Bank Negara Indonesia (BNI), sekaligus turut andil dalam pembangunan infrastruktur Indonesia pasca kemerdekaan seperti kawasan Sarinah Thamrin Jakarta dan Hotel Indonesia.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini