spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Prof Suteki: Ustaz Khalid Basalamah Harusnya Kita Bela

KNews – Prof Suteki: Ustaz Khalid Basalamah harusnya kita bela. Pakar Hukum Prof Suteki turut mengomentari ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang menyebut permainan wayang tak sesuai ajaran Islam. Menurutnya, tak ada yang keliru dari pernyataan tersebut. Sehingga, tak perlu diperpanjang lagi.

Bukan hanya itu, Prof Suteki juga meminta publik agar memberi pembelaan hukum terhadap Ustaz Khalid Basalamah. Sebab, sekali lagi, dia tak melakukan kesalahan.

- Advertisement -

“Atas kasus ini, kita harus melakukan pembelaan hukum terhadap Ustaz Khalid Basalamah itu,” ujar Prof Suteki, dikutip Hops.ID dari video yang viral di media sosial, Kamis 17 Februari 2022.

“Yah, kenapa begitu? Karena dakwah atau ceramah Ustaz Khalid Basalamah ini kan tidak perlu dipersoalkan secara hukum,” tambahnya.

- Advertisement -

Lebih jauh, menurut Prof Suteki, Khalid Basalamah menyampaikan materi dakwahnya di hadapan jamaah yang beragama Islam. Sehingga, pernyataan tersebut sifatnya internal, alias hanya untuk kelompok tertentu.

“Coba Anda bayangkan, kalau isi ceramah ulama, ustaz yang itu pada tempatnya dan memang untuk jamaah tertentu malah dianggap ujaran kebencian. Maka, banyak ayat-ayat Alquran dan hadis yang harus dihapus, ditiadakan atau dipersoalkan,” tuturnya.

- Advertisement -

Sebelumnya, melalui video lawas yang kembali viral, Ustaz Khalid Basalamah mengatakan, wayang sejatinya haram lantaraan tak sesuai dengan ajaran Islam.

“Tentu saja saya sudah pernah bilang ke teman-teman sekalian, tanpa mengurangi hormat terhadap tradisi dan budaya, kita harus tahu, bahwa kita Muslim dan dipandu agama. Harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya. Jangan budaya di-Islamkan, susah. Meng-Islamkan budaya ini repot, karena budaya banyak sekali,” tutur Khalid.

Menurutnya, meski kesenian wayang itu merupakan tradisi peninggalan nenek moyang bangsa, namun bukan berarti permainan tersebut harus dimainkan, lantaran dilarang dalam ajaran Islam.

“Kalau memang ini (wayang) peninggalan nenek moyang kita, mungkin kita bisa kenang dulu oh ini tradisi orang dulu seperti ini, tapi kan bukan berarti itu harus dilakukan sementara dalam Islam dilarang. Harusnya kita tinggalkan,” tegasnya.

Bukan hanya itu, Ustaz Khalid Basalamah juga bicara mengenai tobat dalang pewayangan. Menurutnya, jika dalang masih menyimpan wayang di rumahnya, maka sebaiknya dimusnahkan saja.

“Kalau masalah taubat, ya taubat nasuha, dan kalau dia punya (wayang) lebih baik dimusnahkan, dalam arti kata dihilangkan,” kata Khalid. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini