spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Prediksi Terbaru LBP, Kapan Puncak Infeksi Covid Omicron di Indonesia

KNews.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, hari ini (16/1) mengenai Pembekuan Pembatasan Kegiatan Masyarat (PPKM) di tengah merebaknya varian Omicron.

Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan melakukan langkah mitigasi agar peningkatan kasus yang terjadi lebih landai dari negara lain dan tidak membebani sistem kesehatan.

- Advertisement -

“Berbagai langkah yang dilakukan, penegakan prokes, dan akselerasi vasksinasi, itu sangat penting, pengetatan mobilitas jadi opsi terakhir. Kami mengimbau, kalau di kantor tidak perlu 100% ya tidak perlu 100% yang hadir, diatur saja melihat situasinya, dilihat 75% untuk dua minggu kde depan, itu bisa dilakukan oleh asesmen kantor,” ujarnya dalam konferensi pers digital di Jakarta, Ahad (16/1).

Luhut menambahkan berkaca pada kasus dan pola Covid-19, di Inggris dan Afrika Selatan telah melewati puncak kasus varian Omicron, dan negara-negara lainnya sudah mulai terlihat mendatar seperti di AS, atau Perancis. Sementara India, Thailand, Filipina masih terjadi peningkatan kasus cukup tinggi.

- Advertisement -

“Meski gejala lebih ringan dan risiko perawatan Rumah Sakit lebih rendah, tapi karena jumlah kasus lebih banyak dari varian delta, jumlah perawatan Rumah Sakit dan tingkat kematian Inggris lebih tinggi dari delta, hal ini harus kita hindari,” terangnya.

“Berdasarkan data yang kami amati, berangkat dari trajektori kasis di Afrika Selatan, puncak gelombang gelombang Omicron diperkirakan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret ini,” terangnya. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini