spot_img
Rabu, Mei 15, 2024
spot_img

Prabowo Ingin Terapkan Pembuktian Terbalik dalam Berantas Korupsi

KNews.id – Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto ingin menerapkan pembuktian terbalik dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Ia berkomitmen akan memberantas korupsi jika terpilih pada Pilpres 2024.

“Kita coba upaya-upaya untuk mempercepat mitigasi itu, termasuk bila perlu pembuktian terbalik, itu perlu ditekan untuk kita terapkan dan juga ketegasan untuk menindak,” kata Prabowo usai menghadiri acara Paku Integritas KPK, Rabu (17/1).

- Advertisement -

Dalam pembuktian terbalik, seseorang harus membuktikan harta yang dimiliki berasal dari sumber yang sah. Apabila tak bisa dibuktikan, maka patut diduga yang bersangkutan telah melakukan korupsi.
Prabowo menyebut korupsi merupakan penyakit yang melemahkan bangsa. Menurutnya, korupsi membahayakan masa depan bangsa dan harus diberantas.

Ia mengatakan akan menggunakan pendekatan sistemik dalam memberantas korupsi. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas hidup para penegak hukum di Indonesia. Prabowo berjanji akan memperkuat KPK dan instrumen penegak hukum lain yakni kepolisian dan kejaksaan.

- Advertisement -

“Instrumen mengawasi kekayaan negara harus kita perkuat, BPK, BPKP semua instrumen-instrumen itu harus kita perkuat,” ujarnya. Selain itu, Prabowo menilai para penegak hukum juga harus bisa memberikan contoh yang baik kepada publik.

“Dan memberi kehendak politik, tekad politik untuk memberantas korupsi,” ujarnya.
(Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini