spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

Prabowo Harus Menjelaskan Pembentukan Detasemen Kawal Khusus!

KNews.id- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto harus menjelaskan secara langsung mengenai pembentukan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) yang bertugas untuk mengawal dirinya dan tamu VVIP. Ketua DPP PPP, Syafullah Tamliha berharap ada penjelasan dari Prabowo mengenai tugas, pokok, dan fungsi Denwalsus dan sumber anggarannya.

“Agar tidak tumpang tindih dengan empat matra, yaitu Mabes TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara,” katanya kepada wartawan, Senin (12/4).

- Advertisement -

Selama ini, pengawalan untuk Menhan adalah kewenangan TNI dan dilakukan berlapis dari Unit Organisasi (UO) Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

“Pengawalan tersebut juga berlaku bagi tamu Menhan dari negara sahabat,” tukasnya.

- Advertisement -

Pada kesempatan berbeda, Jurubicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan bahwa sejak awal ada prajurit yang ditugaskan Markas Besar TNI dari tiga matra menjadi grup atau pasukan jajar kehormatan di Kementerian Pertahanan. Tugasnya melakukan upacara jajar kehormatan atau upacara militer penyambutan tamu-tamu VVIP Kementerian Pertahanan.

Di era Prabowo, ada perbedaan mengenai kriteria pasukan ini. Dia ingin agar Mabes TNI menyediakan pasukan jajar kehormatan yang representatif dari personal TNI. Artinya, personel militer Indonesia yang kelihatan gagah dan secara fisik merepresentasikan prajurit-prajurit yang kuat dan sebagainya.

- Advertisement -

“Sehingga ketika upacara jajar kehormatan, para tamu-tamu melihat sosok-sosok militer Indonesia itu mumpuni dengan personel-personel yang bugar dan kemudian menarik,” pungkas Dahnil. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini