spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Daerah yang Menjadi Sorotan…

KNews.id- Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sebanyak 12 kabupaten/kota di Jawa dan Bali mendapatkan pelonggaran pembatasan karena masuk ke PPKM level 3. Sementara satu kabupaten masuk ke PPKM level 2.

“Beberapa kabupaten/kota masuk ke level 4. Bukan karena tingkat penularan yang tinggi, tetapi karena peningkatan kasus kematian,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (2/8).

- Advertisement -

Namun, ada beberapa daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah karena penularan Covid-19 yang tinggi serta kasus kematian yang tinggi. Daerah tersebut antara lain, Bali, Malang Raya, DIY dan Solo Raya.

“Tapi semua daerah tersebut sudah ditangani sehingga angkanya sedikit membaik,” ujar Luhut.

- Advertisement -

Pada kesempatan yang sama, Luhut meyakini kasus penyebaran covid-19 dalam seminggu ke depan akan membaik. Artinya tren penurunan kasus bisa terjaga seperti dalam seminggu terakhir.

“Kami yakin dalam satu pekan ke depan membaik,” ungkap Luhut.

- Advertisement -

Data terakhir, sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021, ada penurunan kasus positif harian sampai dengan 50%. Menurut Luhut, hal itu disebabkan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sejak awa Juli.

“Ini berikan harapan bagus tapi tetap hati-hati hadapi delta varian ini,” terangnya.

Pemerintah juga tetap berupaya menurunkan kasus kematian yang saat ini masih tercatat tinggi. Salah satunya mempercepat perawatan kepada pasien yang terindikasi alami kondisi berat saat terinfeksi covid.

“Pemerintah lakukan intervensi misalnya taskforce jemput yang positif bawa ke isolasi terpusat dan isolasi terpusat baru di wilayah ini didorong peran serta TNI POLRI dan pemda dan juga penjemputan masyarakat isolasi mandiri,” terangnya.

Luhut menambahkan, pemenuhan kebutuhan oksigen dan obat juga diupayakan lebih cepat.

“Pemenuhan kebutuhan oksigen dan obat semakin baik dan kami koordinasikan dengan Menko Perekonomian tangani di luar Jawa kelihatan naik sehingga oksigen bersama-sama atasi,” pungkasnya. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini