spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

PPKM Jawa-Bali, Diprediksi Pertumbuhan Kredit Pulih di Kuartal III-2021

KNews.id- Sejatinya kredit dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi, sehingga diperkirakan pertumbuhan kredit masih terkontraksi pada kuartal I-2021. Dengan masih terhambatnya aktivitas ekonomi, likuiditas perbankan diperkirakan masih akan tetap mengingat korporasi, konsumen atau masyarakat kelas menengah atas masih melanjutkan untuk menyimpan dananya di perbankan.

“Dengan kondisi tersebut, kami perkirakan kondisi LDR perbankan masih belum mengalami perubahan yang signifikan,” ujar Josua saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/1).

- Advertisement -

Meskipun demikian, dengan pengelolaan risiko kredit yang terkelola dengan baik, maka NPL diperkirakan masih stabil di kisaran 3,1-3,3%.

Sementara itu, program vaksinasi masih akan terus berlanjut dan akan didistribusikan kepada masyarakat pada semester I-2021, diperkirakan akan mulai menciptakan herd immunity secara gradual.

- Advertisement -

Sehingga akan mendorong konsumen untuk mulai berbelanja yang akan berimplikasi pada peningkatan sisi produksi serta potensi peningkatan permintaan kredit.

“Namun demikian, potensi peningkatan permintaan kredit tersebut diperkirakan akan mulai terjadi paling cepat pada kuartal III-2021 dan akan berlanjut hingga akhir tahun 2021,” ungkap dia.

- Advertisement -

Oleh sebab itu dengan peningkatan pertumbuhan kredit pada akhir tahun, maka diharapkan akan mendorong peningkatan kinerja perbankan terutama net interest income dan profitabilitas perbankan. (Ade)

Sumber: IdxChannel

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini