spot_img
Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Polri Belum Tetapkan Pengganti Kabaintelkam yang Baru

KNews.id – Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Suntana telah memasuki masa pensiunnya pada bulan Juni ini. Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hingga kini pengganti Suntana masih belum ditetapkan.

“Belum (ada pengganti Komjen Suntana),” kata Dedi saat dikonfirmasi, Senin (10/6/2024). Adapun Komjen Suntana telah genap berusia 58 tahun pada 2 Juni lalu. Dengan demikian, ia akan memasuki masa pensiun sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri.

- Advertisement -

Komjen Suntana Jadi Kabaintelkam Menurut Dedi, tugas Kabaintelkam saat ini dijalankan oleh Wakil Kepala Baintelkam Polri, Irjen Merdisyam. “Ada Waba (Wakil Kabaintelkam) yang tetap menjalankan,” ungkap dia. Profil Komjen Suntana Komjen Suntana lahir pada 2 Juni 1966 di Jakarta.

Ia merupakan lulusan Akpol tahun 1988. Dikutip dari Tribunnews.com, sebelum pensiun di jabatan Kabaintelkam, Suntana banyak berkecimpung di bidang reserse dan intelijen. Dia tercatat pernah menjabat sebagai Kapolresta Tasikmalaya pada 2007, Kapolres Bogor tahun 2008, dan Wadirintelkam Polda Metro Jaya tahun 2009.

Setahun setelahnya, ia mengemban amanah menjadi Dirpamobvit Polda Metro Jaya. Tahun 2012, ia dimutasi menjadi Kapolres Metro Jakarta Barat. Pada 2013, ia menjadi Anjak Madya Bidang Ekonomi Baintelkam Polri, Kabagbinfung Rorenmin Baintelkam Polri di tahun 2014, Dirintelkam Polda Metro Jaya tahun 2015, serta Kabidyanmas Baintelkam Polri dan Dirkamneg Baintelkam Polri di tahun 2016.

Dia pernah menjadi Kapolda Lampung dan Wakabaintelkam Polri pada tahun 2018, Kapolda Jawa Barat di 2021, serta ditugaskan menjadi Wakil Kepala BSSN tahun 2023.

- Advertisement -

(Zs/Kmps)

Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini