spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Politisi PKS Sebut Gibran Ketua INASPOC Karbitan

KNews – Politisi PKS sebut Gibran ketua INASPOC karbitan. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka disebut sebagai ketua Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC) 2022.

Kritik pedas itu dilontarkan oleh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera. Gibran pun beraksi terkait kritikan tersebut. Dia meminta pihak yang menyebutnya karbitan untuk menggantikan tugasnya.

- Advertisement -

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan ASEAN Para Games XI Tahun 2022 menunjuk Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi Ketua.

Penunjukan itu ternyata menuai kritik dari politisi PKS. Menanggapi hal tersebut, Gibran yang juga Wali Kota Solo mengaku penunjukannya sebagai Ketua INASPOC adalah hal yang wajar.

- Advertisement -

Pasalnya, ASEAN Paragames yang berlangsung pada bulan Juli-Agustus itu di Kota Solo. “Ya kan tuan rumahnya Solo,” Kata Gibran kepada TribunSolo.com

Gibran pun menantang pihak yang mengkritik untuk menggantikan posisinya sebagai Ketua INASPOC.

- Advertisement -

Lha sopo sing pengen dadi ketua? Kene moro neng Solo ngganteni aku (Siapa yang pengen jadi ketua? Sini datang ke Solo menggantikan saya),” tuturnya.

Rapopo, tinggal nglakokke tok (Nggak apa-apa, tinggal jalan saja),” lanjutnya.

Dirinya mengaku untuk Perpres sendiri memang baru saja ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada tanggal 17 Juni 2022. Sedangkan penunjukan dirinya sudah dilakukan sejak bulan Januari 2022.

Terpisah, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan sejak Januari 2022 NPC meminta Gibran menjadi ketua INASPOC karena digelar di Kota Solo.

“Jadi tidak ujug–ujug Pak Presiden tanda tangan Perpres terus Mas Gibran jadi Keua INASPOC. Setelah Mas Gibran bersedia diminta oleh NPC baru meminta persetujuan kepada Menpora,” jelas Senny.

Senny pun membela Gibran, menurutnya pernyataan yang dilontarkan oleh PKS itu ngawur.

“Jadi Pak Tua PKS ini ngomongnya ngawur banget. Kan kasihan gibran kalau seperti ini,” tuturnya.

Dirinya menegaskan NPC mempercayakan penyelenggaran ini di tangan Gibran lantaran prestasinya sebagai Walikota Solo.

Bukan melihat dari anaknya Presiden Joko Widodo. “Umpamanya Gibran muda dan berkualitas, kenapa nggak kita tampilkan.”

“Daripada kita menampilkan orang-orang tua yang banyak omong, terlalu banyak cerita tapi nggak bisa kerja. Repot,” tegas dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengkritik keputusan Jokowi menunjuk Gibran sebagai Ketua INASPOC lewat Perpres Padahal, kata dia, selevel Wali Kota bisa diberi event tingkat provinsi terlebih dulu.

“Kasihan Gibran-nya jadi sangat terlihat dikarbit, dipercepat prosesnya.”

“Semua perlu proses. Kalau Wali Kota mau dipromosikan bisa diberi event tingkat provinsi,” kata Mardani. (RKZ/tribun)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini