spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Politisi PAN: Aneh, Pengangguran di Tanah Air Membludak, Kok TK asal RRC Dibiarkan Bekerja

KNews.id- Ketua Fraksi PAN DPR-RI, Saleh Partaonan Daulay, menyayangkan masuknya warga negara asing (WNA) asal China ke Tanah Air di tengah larangan mudik Lebaran 2021 termasuk pada 1 Syawal, Kamis (13/5/2021). Sebab, hal itu berpotensi besar terjadinya penyebaran Covid-19.

“Saya benar-benar menyayangkan pemberian izin masuknya WNA China ke Indonesia di tengah situasi pandemi seperti ini. Kedatangan mereka ini tentu dikhawatirkan berpotensi membawa virus Covid-19,” kata Saleh, Senin (17/5).

- Advertisement -

Saleh juga mempertanyakan kedatangan WNA China dimaksudkan untuk bekerja di Indonesia. Sementara, di dalam negeri sendiri, ada banyak PHK dan pekerja yang dirumahkan.

“Mengapa pekerjaan yang tersedia tidak diprioritaskan bagi WNI? Apa sih jenis pekerjaan yang mesti membutuhkan TKA China? Kementerian Tenaga Kerja perlu terbuka terkait masalah ini,” tukas Saleh.

- Advertisement -

Selain itu, sambung Saleh, jawaban Kementerian Perhubungan terkait kedatangan TKA China ini dinilai tidak tepat. Terutama, soal jenis pesawat yang mereka pakai yakni pesawat carter atau sewa.

“Mau pakai pesawat reguler, pesawat carter, atau pesawat pribadi sekalipun tetap dipertanyakan masyarakat. Sebab, masyarakat berharap agar kedatangan TKA asal China ini dihentikan terlebih dahulu. Jika nanti pandemi ini telah berlalu, baru dipikirkan lagi. Adapun pekerjaan yang mungkin perlu dilanjutkan, bisa saja diberikan kepada pekerja lokal. Saya yakin, pekerja WNI bisa mengerjakannya,” jelasnya.

- Advertisement -

Saleh juga menekankan, sangat disayangkan, protes dan penolakan masyarakat seakan tidak didengar oleh pemerintah.

“Semakin ditolak, malah semakin banyak yang datang. Bahkan, sekali penerbangan bisa membawa ratusan rombongan,” pungkasnya. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini