spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Politisi Eropa Tolak Pengungsi Konflik Ukraina asal Negara Mayoritas Muslim

KNews – Politisi Eropa tolak pengungsi konflik Ukraina asal negara mayoritas muslim. Setelah isu rasisme pada konflik Rusia-Ukraina, kini isu diskriminasi terhadap pengungsi muslim mulai terdengar.

Seorang politisi sayap kanan di Eropa justru memanfaatkan momen ini untuk mendiskriminasi pengungsi akibat krisis Ukraina yang berasal dari Timur Tengah serta negara-negara muslim lain.

- Advertisement -

Vox Santiago Abascal, seorang anggota kongres serta pemimpin sayap kanan Spanyol menyatakan bahwa, Spanyol tentu akan menyambut para pengungsi Ukraina, kecuali untuk mereka yang berasal dari negara mayoritas muslim.

“Siapapun dapat membedakan antara mereka (pengungsi Ukraina) dengan pemuda dari negara muslim yang pergi ke perbatasan Eropa untuk mengacau dan menjajahnya,” ucapnya pada parlemen seperti dikutip Hops.id dari laman Middle East Eye, Rabu 9 Maret 2022.

- Advertisement -

Hampir senada dengan ucapan Pascal, Presiden Rumen Radev di Bulgaria mengasosiasikan pengungsi dari luar Eropa ini dengan teroris dan pelaku kriminal.

Radev mengatakan pada wartawan bahwa pengungsi dari negara muslim ini tidak diketahui identitasnya serta memiliki masa lalu yang tidak jelas. Ia juga menambahkan bahwa bisa saja pengungsi ini adalah teroris.

- Advertisement -

Tak hanya dari Bulgaria dan Spanyol, diskriminasi juga datang dari politisi asal Denmark, Marcus Knuth. Pada sebuah postingan di Twitter-nya ia memposting gambar sebuah dokumen yang menunjukan jumlah warga negara Timur Tengah seperti Irak, Suriah, Iran, dan Afghanistan yang akan mengungsi.

“Kami tentu akan membantu semua warga Ukraina, tapi kami menolak untuk 2.300 warga Afghanistan dan Suriah serta 10.000 lebih dari Timur Tengah,” ucap Knuth pada 5 Maret 2022 lalu.

Konflik di Ukraina ini telah mendapatkan banyak kritik akibat standar gandar serta diskriminasi. Beberapa media juga dikecam karena dianggap menggunakan perbandingan yang rasis saat memberitakan pengungsi asal Ukraina dan mereka yang berasal dari Timur Tengah.

Menurut laman Middle East Eye, sejauh ini sejumla negara-negara Eropa telah bersedia menampung para pengungsi Ukraina. Polandia menampung sekitar 1 juta pengungsi, 180.000 di Hungaria, 128.000 di Slovakia, 83.000 di Moldova serta 79.000 di Rumania.

PBB menyebut bahwa situasi ini merupakan krisis pengungsi yang pertumbuhannya paling cepat sejak perang dunia II. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini