spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Ribka Tjiptaning: Hanya Front Nasakom yang dapat Mengeluarkan Bangsa dari Krisis!

KNews.id- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ribka Tjiptaning membuat pernyataan di Harian Sinar Harapan 18 Maret 2004 ‘Hanya Front Nasakom Bisa Keluarkan Bangsa dari Krisis.’

Front Nasakom, kata Ribka bukan milik orang komunis saja, petinggi NU dan kaum nasionalis juga ikut membangunnya. Dikutip dari Wikipedia, Nasionalis, Agama dan Komunis (Nasakom) merupakan konsep politik yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno.

- Advertisement -

Konsep politik Nasakom untuk memenuhi tuntutan tiga faksi utama dalam politik Indonesia ketika itu, yakni – tentara, kelompok-kelompok Islam, dan komunis. Dengan dukungan dari militer, pada bulan Februari 1956, ia menyatakan ‘Demokrasi Terpimpin’, dan mengusulkan kabinet yang akan mewakili semua partai politik penting (termasuk PKI).

Foto Istimewa

Gagasan Nasakom sudah dicetuskan Soekarno sebelum Indonesia merdeka. Pada tahun 1927, ia menulis rangkaian artikel berjudul “Nasionalisme, Islam, dan Marxisme” dalam Indonesia Moeda, sebuah publikasi terbitan “Klub Studi Umum”, klub yang didirikan Soekarno dan rekan-rekannya di Bandung. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini