spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

PLN Meraih Hibah 1,2 Juta Euro dari AFD untuk Membangun PLTA Masang II di Sumbar

KNews.id- Komitmen PLN dalam meningkatkan bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) kembali menuai dukungan. Kali ini Badan Pembangunan Prancis atau Agence Francais de Developpement (AFD) yang memberikan hibah sebesar 1,2 juta Euro ke PLN untuk mendukung pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga air (PLTA) Masang II, Sumatera Barat.

Penandatanganan Perjanjian Hibah untuk tahap persiapan pembangunan PLTA Masang II tersebut dilakukan di Jakarta,  Jumat (18/6). Hadir dalam acara tersebut  Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Country Director AFD Indonesia, Emmanuel Baudran, dan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard.

- Advertisement -

“AFD selalu mendukung PLN dalam pengembangan kelistrikan di Indonesia. Hibah ini akan mendukung Environmental and Social Impact Assestment (ESIA) dan Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) untuk proyek PLTA Masang II,” terang Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Foto Istimewa

Perjanjian hibah ini menjadi dukungan kedua dari AFD. Pada tahun 2017, AFD telah mendukung PLN untuk Studi Kelayakan untuk proyek yang sama.

- Advertisement -

“Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan berkelanjutan dari AFD untuk pengembangan Energi Terbarukan di Indonesia,” tambah Zulkifli.

Diketahui, PLTA Masang merupakan PLTA run of river dengan perkiraan kapasitas sebesar 44 MW yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2027. Zulkifli menjelaskan, komitmen PLN dalam mendorong pengembangan EBT di Tanah Air merupakan wujud nyata dari transformasi PLN yang dilakukan sejak Bulan April 2020. PLN telah menetapkan sasarannya untuk mengembangkan Energi Terbarukan dalam perencanaan jangka panjang untuk perluasan pembangkit.

- Advertisement -

“Untuk mengembangkan potensi tersebut, PLN akan mempertimbangkan keseimbangan pasokan dan permintaan listrik, potensi sumber daya lokal, keandalan, keberlanjutan, ketahanan energi, dan ekonomi,” jelasnya.

Country Director AFD Indonesia, Emmanuel Baudran menjelaskan, bantuan studi lingkungan dan sosial kepada PLN akan membantu dalam persiapan penyusunan rencana pengelolaan lingkungan dan sosial yang komprehensif guna mendukung proyek energi terbarukan, sebagai bagian dari persiapan proyek.

“Terlebih lagi, PLTA Masang II akan berkontribusi kepada target Pemerintah Indonesia guna memiliki sumber energi terbarukan yang modern,” tutur Country Director AFD Indonesia, Emmanuel Baudran.

Ia menambahkan, hal ini juga sejalan dengan strategi AFD untuk mendukung rencana Pemerintah Indonesia dalam melawan perubahan iklim, mencapai target pembangunan berkelanjutan, dan pemanfaatan barang publik secara global.

Foto Istimewa

PLN berkomitmen untuk terus mengembangkan pembangkit EBT dalam menjalankan tugasnya untuk melistriki seluruh negeri. Tidak hanya itu, melalui aspirasi green dalam transformasinya, PLN mendorong transisi energi demi generasi yang akan datang agar dapat menikmati masa depan yang lebih baik.

Selain itu, PLN juga mendukung segala peluang investasi dan pengembangan EBT di Indonesia, melalui kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan juga lembaga pendanaan melalui prinsip good corporate governance (GCG). (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini