spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

PLN Menggelontorkan sebesar Rp130 Miliar untuk Infrastruktur Kelistrikan 19 Desa di Jambi

KNews.id- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggelontorkan Rp 130 miliar untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan 19 desa di Jambi. PLN menghadirkan listrik bagi 19 desa yang tersebar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Adapun, 19 desa yang berhasil dilistriki meliputi 7.723 Kepala Keluarga (KK)  tersebar pada 3 (tiga) kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.

Ke 19 desa tersebut adalah Desa Lumahan, Margo Rukun, Kempas Jaya dan Sungai Kayu Aro di Kecamatan Senyerang. Desa Mekar Jati, Pasar Senen, Sungai Jering, Sungai Pampang, Parit Sindang, Sungai Serindit, Sungai Raya di Kecamatan Pengabuan. Desa Teluk Pulai Raya, Kuala Kahar, Harapan Jaya, Mekar Alam, Tungkal IV, Kuala Baru, Muara Seberang dan Kelurahan Tungkal V di Kecamatan Seberang Kota.

- Advertisement -

Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat menyampaikan rasa terima kasih khususnya kepada PLN yang telah berjibaku dengan waktu serta berjuang tanpa kenal lelah sehingga kini membuahkan hasil.

“Kami ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi daripada kerja keras pihak PLN selaku pelaksana dalam mengemban amanah untuk melistriki pelosok negeri, sehingga listrik yang selama ini diimpikan masyarakat di 19 Desa ini sejak dari zaman Belanda kini dapat dinikmati oleh warga,” tutur Anwar dikutip dari keterangan resmi yang diterima redaksi KNews.id, Senin (3/5).

- Advertisement -

Dengan hadirnya listrik pada 19 Desa ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Jambi meningkat sebesar 2,82% dari 96,73% menjadi 99,55%. Khusus di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, peningkatan rasio elektrifikasi mencapai 16,42% dari 83,58% menjadi 100%.

Untuk melistriki 19 Desa, PLN telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 195,49 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 213,39 kms dan 124 unit Gardu Distribusi dengan total nilai investasi mencapai Rp 115 miliar.

- Advertisement -

Selain itu, PLN juga membangun dua menara Transmisi bertegangan 20 kilo Volt (kV) yang menyeberangi Sungai Pengabuan dengan nilai investasi sebesar Rp 15 miliar. General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Bambang Dwiyanto mengatakan, keberhasilan PLN dalam mewujudkan impian masyarakat di 19 Desa ini adalah berkat dukungan berbagai pihak.

“Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bapak Bupati Anwar Sadat yang telah sangat banyak membantu dengan turut melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk terus bahu membahu dan bergotong royong guna merampungkan percepatan pembangunan jaringan,” ungkap dia.

Bambang menambahkan, dalam merampungkan pembangunan jaringan listrik menuju ke 19 Desa tersebut, PLN melibatkan sinergitas berbagai unit kerja PLN yang saling bahu membahu dan bekerja keras meski berada di tengah situasi pandemi. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini