spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

PLN Memastikan Suplai Kendaraan Listrik Aman

KNews.id- Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengatakan, PLN memiliki peran di hilir sebagai penyuplai listrik dalam pengembangan industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) seperti mobil listrik. 

Keterlibatan PLN dalam pengembangan ekosistem EV salah satunya adalah memastikan ketersediaan suplai listrik melalui pengembangan pembangkit 35 GW. 

- Advertisement -

“Di situ kita akan memiliki electricity supply yang digunakan untuk baterai charging station,” ujarnya di Jakarta, Selasa (2/2). 

Dia melanjutkan, PLN diminta ketersediaan listrik pada saat kendaraan berbasis listrik sudah banyak digunakan masyarakat. Untuk itu, PLN berperan dalam penyediaan infrastruktur pengisian daya seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). 

- Advertisement -

“Kami menyiapkan terkait SPKLU dan SPBKLU untuk umum dan juga fasilitas lain yang kemudian dikembangkan bagaimana skema model bisnis SPKLU dan SPBKLU ke depannya,” tuturnya. 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan PLN,  bahwa mobil listrik kemungkinan 80% akan diisi daya listrik pada saat pemilik kendaraan pulang ke rumah. Sisanya 20% menyatakan akan mengisi daya di SPKLU. 

- Advertisement -

Terkait hal tersebut, PLN memberikan diskon 30% tarif rumah tangga untuk pengisian daya kendaraan listrik. 

“Jadi mereka pulang ke rumah, beristirahat lalu melakukan pengisian daya mobilnya di dalam rumah dari malam hari hingga pagi hari. Sedangkan 20% akan melakukan pengisian daya di SPKLU. Karena itu, kami menyediakan baik di dalam rumah maupun di luar rumah bekerja sama dengan semua pihak agar value chain bisa berjalan sebaik-baiknya,” jelasnya. 

PLN juga mengembangkan aplikasi pengisian baterai berupa Charge.IN untuk mempermudah pengguna dalam mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil atau motor listrik di stasiun pengisian atau SPKLU.

“Dengan aplikasi Charge.IN maka pemilik kendaraan bisa mengontrol pengisian baterai di stasiun pengisian,” tandasnya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini