spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

PKS Usung Sohibul Iman di Pilkada Jakarta, Lalu Siapa Yang Dukung Anies Baswedan ?

KNews.id – Jakarta – DPP PKS mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Sohibul Iman sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024 yang disampaikan melalui juru bicara PKS, Ahmad Mabruri. “Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman,” kata Ahmad, pada 23 Juni 2024.

Menurut Ahmad, Sohibul Iman merupakan kader terbaik PKS saat ini. Ia menjadi figur yang tepat untuk memimpin Jakarta karena perpaduan birokrat andal, memiliki kemampuan intelektual bidang pendidikan, dan politikus berintegritas.

- Advertisement -

Namun, keputusan ini berbeda dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jakarta yang mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta 2024. Peluang Anies maju dalam Pilkada Jakarta oun sedikit meredup.

Meskipun menurun, tetapi Anies memiliki peluang diusung melalui partai lain. Adapun, partai-partai yang kemungkinan mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta 2024 sebagai berikut, yaitu:

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Wakil Ketua Umum PKB, Ida Fauziyah mengatakan dukungan pencalonan Anies yang merupakan aspirasi dari DPW bakal dibawa ke DPP PKB.

- Advertisement -

“Aspirasi dari DKI Jakarta pasti akan dibawa ke DPP PKB,” ujarnya di Jakarta, pada 17 Juni 2024.

Sebelumnya, PKB DKI Jakarta telah mengumumkan dukungan mereka terhadap Anies maju sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024. Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas meminta seluruh kader segera turun ke lapangan mengenalkan Anies sebagai calon gubernur Jakarta. Namun, sampai sekarang, DPP PKB masih menimang dan belum mengeluarkan surat rekomendasi Anies maju di Pilkada Jakarta 2024.

Partai NasDem

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengungkapkan, pihaknya akan melihat situasi selama beberapa waktu ke depan untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Anies dalam Pilkada Jakarta 2024. Ia juga mengaku, baru sekitar 2 hari lalu berkomunikasi dengan Anies, tetapi belum ada keputusan terkait dukungannya dalam Pilkada Jakarta.

Surya Paloh melihat, berbagai survei elektabilitas mencatat nama Anies selalu menjadi yang tertinggi untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

“Ya memang Anies Baswedan yang saat ini amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survei, peringkatnya nomor satu, saya pikir capek juga orang menghadapi dia di Jakarta ini,” lanjutnya, pada 24 Juni 2024.

Surya juga mengatakan, tidak salah, jika pihaknya tetap mendukung Anies, meskipun sudah kalah pada Pilpres 2024. Namun, partainya akan menerapkan faktor kapabilitas dan elektabilitas untuk memajukan sosok dalam pilkada.

PDIP 

Sinyal Anies akan diusung PDIP dalam Pilkada Jakarta 2024 terungkap melalui Ketua DPW Partai NasDem Jakarta, Wibi Andrino. Pasalnya, Wibi mengaku pernah ditelepon seorang pengurus PDIP terkait keinginan partai berwarna merah ini mengusung Anies di Pilkada Jakarta. Pengurus PDIP yang menghubungi Wibi adalah Ketua DPD PDIP Jakarta, Ady Widjaya.

“Kami agak kaget DPD PDIP usung Anies. Ada apa nih?” ujar Wibi, pada 23 Juni 2024. Meskipun kaget, tetapi Wibi mewajarkan sikap Ady tersebut. Bahkan, Wibi mengaku tidak terlalu menganggap penting pernyataan Ady. Wibi berkata, “Tapi biarkan saja.”

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDIP Jakarta, Pantas Nainggolan mengungkapkan, partainya telah merekomendasikan beberapa nama kepada DPP untuk diusung Pilkada Jakarta 2024, termasuk Anies Baswedan.

(Zs/tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini