PKS Dukung Anies, Parpol Pengusung Prabowo Percepat Penentuan Cagub Jakarta
2 mins read

PKS Dukung Anies, Parpol Pengusung Prabowo Percepat Penentuan Cagub Jakarta

KNews.id – Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menilai posisi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024 jauh lebih diuntungkan dan berpeluang meraih kemenangan.

Hal tersebut karena Anies adalah sosok yang didukung Prabowo Subianto pada Pilkada Jakarta 2017. Di sisi lain Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tidak lagi menjabat sebagai presiden sejak 21 Oktober 2024.

“Pada waktu Pilpres kemarin memang Pak Jokowi masih powerfull, karena memang beliau adalah presiden. Tapi nanti waktu Pilkada tanggal 27 November itu per tanggal 21 Oktober itu presidennya sudah bukan lagi Pak Jokowi. Sudah Pak Prabowo,”

“Dan Pak Prabowo adalah orang yang kemarin mencalonkan Pak Anies sebagai calon gubernur tahun 2017 dan menang,” sambungnya. Di samping itu, kata Hidayat, popularitas Anies saat ini sudah jauh meningkat daripada 2017 karena sempat menjadi calon presiden 2024.

PKS Dukung Anies, Parpol Pengusung Prabowo Percepat Penentuan Cagub Jakarta. Ketika harus berhadapan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Hidayat berpandangan, posisi Ahok saat itu lebih diuntungkan karena didukung oleh partai politik yang sedang berkuasa dan memenangkan Jokowi. Bisa Diperjuangkan Maju Capres 2029 “Pada tahun 2017. Waktu kami dengan Pak Prabowo, PKS mengajukan Pak Anies dan Pak Sandi.

Itu kan lawan kami Ahok dengan didukung oleh semua potensi negara. Ya kita menang tuh,” kata Hidayat “Padahal waktu itu Pak Anies belum dikenal dalam tanda kutip. Sekarang Pak Anies, apalagi kemarin jadi capres, sangat-sangat dikenal.

Jadi saya kira semua orang juga akan menghitung itu. Ngapain juga semua dikerahkan, kalau akan kalah lagi,” tutur Hidayat. Atas dasar itu, Hidayat dan PKS meyakini Anies dan bakal calon pasangannya, yakni Sohibul Iman akan bisa mendominasi di Pilkada Jakarta. Di samping itu, sosok Sohibul juga sudah dikenal masyarakat karena rekam jejaknya di dunia politik dan pernah menjadi wakil rakyat di Jakarta.

Bahas Rencana Duet Anies-Sohibul di Pilkada Jakarta “Bila kawan-kawan ingin menang ya ini lah! Monggo,” pungkas Hidayat. Diberitakan sebelumnya, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengumumkan, partainya akan mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

“DPP PKS pada rapat di hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal cagub dan Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta,” kata Syaikhu dalam acara Sekolah Kepemimpinan Partai PKS di Grand Sahid Hotel.

Meski begitu, PKS harus tetap berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mencalonkan Anies dan Sohibul. Sebab, jumlah kursi yang dimiliki PKS di DPRD Jakarta belum memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Jakarta.

Diketahui, PKS hanya menduduki 18 kursi di DPRD Jakarta periode 2024-2029. Kurang 4 kursi untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan, yakni sebanyak 22 kursi. Di sisi lain, PDI-P mengakui jika nama Anies Baswedan menjadi sosok yang masuk dalam daftar pertimbangan untuk di dukung di Pilkada Jakarta.

(Zs/Kmp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *