spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

PKB Sudah Lama Usung Prabowo Capres, Cak Imin: Tinggal Lihat Perkembangan

KNews.id- Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengakui pihaknya mendukung pencapresan Prabowo Subianto.

Ia bahkan mengungkapkan, jika dukungan PKB terhadap pencapresan Ketua Umum Gerindra itu sudah sejak lama.

- Advertisement -

“Itu kan sudah dari lama itu,” kata Muhaimin usai melakukan pertemuan di kediaman dinas Wapres Ma’ruf Amin, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Ke depan, dikatakan Muhaimin, tinggal menunggu perkembangan yang ada mengenai pengusungan Prabowo sebagai capres.

- Advertisement -

“Tinggal kita lihat perkembangannya nanti,” ujar Muhaimin.

Sebelumnya, Muhaimin mengaku mendapat dukungan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2024.

- Advertisement -

Hal ini diungkapkan Muhaimin usai menemui Ma’ruf di rumah dinasnya pada Senin sore.

“Oh iya pasti, mendukung (menjadi RI 2). Beliau bilang, ‘Memang sudah waktunya, waktunya kamu sekarang,’” kata Muhaimin usai pertemuan di rumah dinas Wapres, Senin (15/5/2023).

Adapun Ma’ruf, berdasarkaj penuturan Muhaimin, telag memberikan lampu hijau terhadap langkah-langkah yang kini diambil PKB. Termasuk soal berkoalisi dengan Gerindra dan mendukung pencapresan Prabowo Subianto.

“Ya pokonya beliau mendukung semua langkah-langkah kita per hari ini. Dan selanjutnya nanti konslutasi lagi,” kata Muhaimin.

Sementara itu perihal pertemuan dengan Ma’ruf, Muhaimin mengaku pertemuan itu merupakan silaturahmi sekaligus dalam rangka meminta masukan kepada Ma’ruf yang merupakan mantan Ketua Dewan Syura PKB

“Ya alhamdulillah sore hari ini berkesempatan silaturahim sekaligus konsultasi memohon masukan-masukan terutama masukan Kiai Ma’ruf Amin sebagai sesepuh PKB juga sebagai Wakil Presiden, juga sebagai mantan Ketua Dewan Syura PKB,” kata Muhaimin

Siap Usung Prabowo

Muhaimin menyatakan partainya siap mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Pernyataan tersebut disampaikan usai bertemu Wakil Presiden Republik Indonesia ke-9 Hamzah Haz di kediamannya.

“Ya kalau memang Pak Prabowo sudah mantap ya tentu kita siap aja untuk mendukung beliau,” kata Cak Imin di Matraman, Jakarta Timur, Kamis (11/5/2023).

Cak Imin menuturkan PKB akan mengumumkan secara resmi dukungan kepada Prabowo. Meski begitu, Cak Imin tidak menyebut dengan rinci kapan deklarasi dukungan kepada Prabowo akan digelar.

“Tentu kita nanti akan pada saatnya secara resmi kita umumkan. Secepatnya, moga-moga segera,” jelas dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Faisol Riza mengungkapkan Koalisi Gerindra dan PKB akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) mendatang. Gerindra dan PKB berada di satu koalisi sama, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Hal ini disampaikan Faisol menjawab ihwal siapa figur capres dalam rencana pembentukan koalisi besar antara Gerindra-PKB dengan Partai Golkar.

Faisol menyebut Golkar sudah diberi amanat untuk mengusung pencapresan Ketua Umum Airlangga. Sementara Gerindra-PKB, memutuskan mengusung Prabowo.

“PKB dan Gerindra memutuskan mengusung Prabowo capres. Ini dalam proses supaya tuntas pembicaraan di awal memang sangat penting dan krusial, supaya tuntas di awal agar di belakang tidak ada,” kata Faisol di Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Faisol berujar pengusungan Prabowo menjadi capres telah dibicarkan dari hati ke hati. Namun, semuanya masih dalam proses hingga nantinya diputuskan. (RZ/SR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini