spot_img
Minggu, April 14, 2024
spot_img

Pintu Rezekimu Tertutup? Ternyata Ini Penyebab Pintu Rezeki Terbuka atau Tertutup

KNews.id – Pintu rezekimu tertutup? Ternyata ini penyebab pintu rezeki terbuka atau tertutup menurut Ustaz Abdul Somad. Hakikat rezeki adalah sebuah kenikmatan yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada semua makhluknya baik lahir maupun batin.

Pada dasarnya rezeki ini sudah ditetapkan oleh Allah SWT sebelum makhluk itu diciptakan. Setiap makhluk sudah mendapatkan jatah rezekinya sendiri-sendiri.

- Advertisement -

Meskipun Allah SWT sudah menetapkan rezeki setiap makhluknya, namun menurut para ulama ketetapan itu bisa kita minta dan juga bisa dibatalkan oleh Allah. Lalu apa yang bisa menyebabkan pintu rezeki terbuka ataupun tertutup?.

Dalam video Youtube yang diunggah @DakwahSangUstadz, terdapat penjelasan terkait penyebab pintu rezeki terbuka atau tertutup menurut Ustaz Abdul Somad.

- Advertisement -

Penyebab pintu rezeki terbuka

Ustaz Abdul Somad mengatakan bahwa meskipun rezeki sudah diatur, namun kita harus senantiasa berikhtiar dan berdoa kepada Allah SWT.

- Advertisement -

الدُّعَاءُ سِلاَحُ الْمُؤْمِنِ، وَعِمَادُ الدِّينِ، وَنُورُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ

Artinya : Doa adalah senjata orang mukmin, pilar agama (Islam), dan cahaya langit dan bumi. (HR Al-Hakim).

Dengan berdoa kepada Allah SWT kita bisa meminta apa saja pada Allah SWT, diantaranya adalah masalah rezeki ini. Allah SWT berfirman “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu”. (QS Al-Ghafir: 60)

Salah satu doa yang diajarkan oleh Ustaz Abdul Somad untuk dibukakan pintu rezeki adalah dengan doa berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a’uudzu bika minal hammi wal hazan, wa a’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’uudzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’uudzu bika min gholabatid-daini wa qahrir-rijaal

Artinya : Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.

Ustaz Abdul Somad menganjurkan jama’ah untuk membaca doa tersebut dengan dibarengi meresapi maknanya. Selain dengan berdoa, ulama lulusan Al-Azhar itu juga menegaskan agar kita selalu berikhtiar.

Sebab kata beliau orang yang beroda saja tanpa ikhtiar itu bohong, sedangkan orang yang ikhtiar saja tanpa berdoa adalah orang yang sombong. Ustaz Abdul Somad mencontohkan salah satu kisah tentang Siti Hajar (Istri Nabi Ibrahim AS) yang menemukan air zam-zam.

Sebelum air zam-zam itu muncul, dikisahkan Siti Hajar terlebih dahulu berikhtiar mencari air dari bukit safa sampai bukit marwah sampai 7 kali.

Setelah berdoa dan berikhtiar barulah atas izin Allah kaki Nabi Ismail yang masih kecil menghentak ke tanah dan muncullah air yang menyegarkan. Dari kisah tersebut bisa diambil pelajaran jika ingin mencapai sesuatu kita perlu terlebih dahulu berdoa dan berikhtiar secara beriringan.

Penutup pintu rezeki

“Allah tidak merubah rezeki itu, Kita yang merubah karena perbuatan maksiat,” kata Ustaz Abdul Somad. Beliau menjelaskan bahwa meskipun sudah rezeki sudah diatur, namun ada potensi Allah menutup pintu rezeki sebab perbuatan kita sendiri.

Kemudian Ustaz Abdul Somad mengutip QS. Al-A’raf ayat 96 yang berbunyi :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن كَذَّبُوا۟ فَأَخَذْنَٰهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

Artinya : Kalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Dari ayat tersebut Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa selama seseorang mau beribadah dan saling tolong menoloh diantara mereka, Allah akan mencukupi kebutuhan mereka.

Sedangkan jika seseorang gemar melakukan maksiat dan mementingkan dirinya sendiri, Allah akan menutup keberkahan rezeki bagi mereka. Itulah penyebab pintu rezeki terbuka atau tertutup menurut Ustaz Abdul Somad. Semoga bermanfaat.  (Zs/Rdr)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini