spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Pidato Pelantikan Presiden Ukraina Diungkit Lagi, Begini Isinya…

KNews – Pidato pelantikan Presiden Ukraina diungkit lagi. Sosok Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menjadi sorotan banyak orang ketika operasi militer spesial Rusia ke negaranya diluncurkan Vladimir Putin sejak 24 Februari 2022 lalu.

Latar belakang Volodymyr Zelensky yang merupakan seorang aktor dan komedian menjadi sisi menarik dari perang antara Rusia dan Ukraina. Kekinian, ada hal lain yang juga menjadi perhatian warganet, yakni pidato pelantikan Zelensky pada tahun 2019 lalu.

- Advertisement -

Seperti diketahui, Volodymyr Zelensky memenangkan Pilpres Ukraina pada tahun 2019 lalu, mengalahkan petahana Petro Poroshenko. Kemudian, pada 20 Mei 2019, Zelensky resmi dilantik menjadi Presiden Ukraina.

Ada satu bagian dari pidato Zelensky kala itu yang menarik dan kini kembali menjadi perhatian. Waktu itu, Zelensky berjanji untuk menjaga kedaulatan Ukraina.

- Advertisement -

Kemudian, dia mengatakan bahwa rakyat Ukraina harus mencontoh beberapa negara dalam sejumlah hal, termasuk mencontoh masyarakat Israel dalam mempertahankan tanah airnya.

“Kita harus menjadi orang Islandia dalam sepak bola, orang Israel dalam mempertahankan tanah kita, orang Jepang dalam teknologi,” kata Volodymyr Zelensky kala itu, dikutip Hops.ID dari Times of Israel, Selasa 8 Maret 2022.

- Advertisement -

Pernyataan pria bernama lengkap Volodymyr Oleksandrovych Zelensky tersebut kini kembali disorot oleh sejumlah warganet.

Bahkan, beberapa akun mengunggah potongan pernyataan Zelensky itu sambil membagikan respons mereka.

Cuitan lama Volodymyr Zelensky

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, cuitan lama Volodymyr Zelensky yang dianggap mendukung Israel juga sempat viral usai kembali diungkit oleh sejumlah warganet dunia di media sosial.

Dalam cuitannya yang dibuat pada 12 Mei 2021 lalu, Volodymyr mengatakan agar konflik antara pejuang Palestina dan tentara Israel kala itu segera dihentikan.

“Langit #Israel dipenuhi dengan rudal. Beberapa kota terbakar. Ada korban. Banyak yang terluka. Banyak tragedi kemanusiaan. Mustahil untuk melihat semua ini tanpa duka dan kesedihan. Eskalasi perlu segera dihentikan demi kehidupan masyarakat,” cuitnya kala itu.

Salah satu balasan warganet pada waktu itu juga ada yang mendapat perhatian besar. Balasan tersebut mengatakan bahwa Zelensky akan mendapat pelajaran ketika jet Rusia menyerang kota-kota besar Ukraina nantinya.

Seperti kebetulan, balasan warganet itu pun kini kejadian; Rusia menyerang Ukraina.

“Sekali komedian tetap komedian. Anda akan mempelajarinya dengan cara yang sulit ketika jet-jet Rusia mulai menghancurkan Kiev, Kharkiv, dan Odessa,” kata salah satu warganet membalas.

Ukraina Minta Bantuan Israel

Dalam menghadapi operasi militer spesial Rusia, Ukraina berharap mendapat dukungan dari Israel.

Bermodal darah Yahudi yang mengalir di tubuhnya, Zelensky berharap Tel Aviv memberikan dukungan kepada Kiev. Namun sejauh ini, Israel dilaporkan menolak permintaan Ukraina.

Duta Besar Ukraina untuk Israel Yevgen Korniychuk mengungkap ekspektasi Zelensky untuk bantuan dari Tel Aviv karena dia berdarah Yahudi.

“Sebagai duta besar negara dengan presiden Yahudi, saya dapat mengatakan Zelensky memiliki harapan yang lebih tinggi dari Israel daripada yang dapat diberikan Israel,” ujar Korniychuk dilansir Reuters.

Korniychuk juga berspekulasi bahwa Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett berada dalam situasi sulit untuk menyeimbangkan hubungan Israel dengan Ukraina dan Rusia karena Zelensky adalah orang Yahudi.

“Kepemimpinan kami percaya bahwa Israel adalah satu-satunya negara demokratis yang memiliki hubungan baik dengan kedua pemimpin itu (Zelensky dan Putin),” lanjut Korniychuk.

Kendati demikian, Israel sebenarnya sudah mengirim sekitar 100 ton bantuan kemanusiaan ke Ukraina. Kiev meminta Israel untuk mengirim tim paramedis, namun Tel Aviv menolaknya. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini