spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

Pertemuan Surya Paloh-Prabowo, Akankah Berlanjut pada PPP, PKB dan PDIP?

 

KNews.id –  Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan bahwa calon presiden terpilih Prabowo Subianto tidak hanya menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, melainkan juga berencana menemui pimpinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

- Advertisement -

“Bukan hanya NasDem ya, ketemu jajaran pimpinan PPP juga,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurut Habibur pertemuan dengan partai non-koalisi itu dimaksudkan sebagai bentuk implementasi politik dari Prabowo yang mengedepankan persatuan dan kesatuan.

“Pak Prabowo enggak mau buang-buang waktu, bahwasanya kita harus gerak cepat merangkul semua elemen bangsa ini. Nanti jadi mulai Oktober (pelantikan presiden) sudah mulai langsung ‘gas pol’,” ujarnya.

- Advertisement -

Tak hanya NasDem dan PPP, dia mengatakan bahwa pihaknya mulai intens menjalin komunikasi pula dengan partai-partai politik lainnya di luar Koalisi Indonesia Maju.

Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono telah memberikan ucapan selamat kepada kepada Prabowo-Gibran pada Kamis kemarin, 21 Maret 2024. Ucapan selamat itu disampaikan saat Tim Pemenangan Pemilu Ganjar-Mahfud, di mana PPP berada di dalamnya, sedang mengajukan gugatan kecurangan pemilu pada Mahkamah Konstitusi,

- Advertisement -

Mardiono mendoakan agar hasil Pilpres ini adalah yang terbaik bagi Indonesia. “Semoga hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ini merupakan yang terbaik untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia” ujarnya.

Jumat siang, Prabowo mengunjungi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower Jakarta.Surya menyebut persamuhan tersebut merupakan kunjungan silaturahmi dengan sahabat lama. Surya juga telah menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 serta memberi ucapan selamat pada Prabowo-Gibran.

“Pada siang hari ini, saya dan seluruh komisaris DPP Partai Nasdem mendapatkan kunjungan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Kunjungan ini adalah kunjungan silaturahmi, sebuah perjalanan panjang di antara hubungan personal kami berdua,“ tutur Surya.

Surya mengungkap kemungkinan partainya bergabung dengan presiden terpilih Prabowo di Koalisi Indonesia Maju Namun, Surya menilai kemungkinan tersebut masih setengah-setengah. “Itu fifty-fifty possibility-nya (lima puluh-lima puluh kemungkinannya),” kata  dia.

Calon wakil presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar tidak berkenan menanggapi pertemuan antara Surya Paloh dan Prabowo. “Tidak ada tanggapan,” kata Muhaimin saat ditemui di Jalan Diponegoro 10, Jakarta.

Muhaimin sebelumnya mengikuti kegiatan buka bersama relawan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) di Jalan Diponegoro 10. Sekitar pukul 18.20 WIB, Muhaimin meninggalkan lokasi. Ketika ditemui wartawan, Muhaimin tak berkenan memberikan tanggapan. Ia langsung menaiki mobil hitam. “Sudah ya,” ujar Muhaimin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menarik ditunggu apakah Prabowo melanjutkan upaya politiknya mendekati dan merangkul PKB dan PDIP, dua partai politik yang sampai saat ini belum secara resmi memberikan ucapan selamat pada Prabowo-Gibran.

Namun PDIP mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menggugat hasil Pilpres ke MK.Upaya tersebut diambil usai KPU mengumumkan kemenangan Prabowo-Gibran pada Rabu, 20 Maret 2024.

“Setelah pengumuman tadi malam, tim Ganjar-Mahfud sudah bersepakat kalaulah semuanya ini harus diluruskan agar demokrasi bisa berjalan dengan baik, maka benteng terakhirnya adalah Mahkamah Konstitusi,” ujar Ganjar pada Kamis, 21 Maret 2024.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kecurangan Pemilu 2024 sangat jelas dan terjadi dari hulu hingga hilir. Maka, Hasto menyatakan bahwa PDIP mendukung Direktorat Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Terhadap hasil yang diumumkan KPU tadi malam, sikap dari partai politik pengusung Pak Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa proses pemilu belum selesai. Karena Ganjar- Mahfud akan menggunakan hak konstitusionalnya, untuk melakukan gugatan melalui Mahkamah Konstitusi dan dalil yang kami sampaikan sangat jelas,” kata Hasto dalam konferensi pers bersama sekjen partai politik pendukung Ganjar-Mahfud di Media Center Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini