spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Pertarungan Tiga Pasangan di Pilpres 2024

KNews.id- Partai PDIP, Golkar, dan Gerindra diprediksi akan bertarung dalam Pilpres 2024. Ketiga partai itu tampaknya akan mengusung kadernya menjadi capres.

“Perkiraan itu memang terlihat dari wacana belakangan ini. PDIP sebagai pemenang pileg 2019 terlihat mempersiapkan Puan Maharani sebagai capres. Golkar mulai ngotot mengusung Airlangga Hartarto. Sementara Gerindra tampaknya sudah sepakat akan mengusung Prabowo Subianto,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada suaranasional.com, Sabtu (22/10).

- Advertisement -

Dari tiga kandidat tersebut tampaknya hanya Prabowo yang layak diusung menjadi capres bila dilihat dari elektabilitasnya. Sebab, elektabilitas Prabowo cukup tinggi, sementara Puan dan Airlangga sangat rendah.

“Namun bila dilihat perolehan suara pada pileg 2019, maka tiga sosok itu memang berpeluang diusung menjadi capres. PDIP bahkan dapat mengusung sendiri pasangan capres dan cawapres. Sementara Golkar dan Gerindra cukup berkoalisi dengan satu partai menengah untuk mengusung kadernya manjadi capres,” jelasnya

- Advertisement -

Ia mengatakan, setiap partai yang mengusung kadernya menjadi capres tentu ingin menang. Di sini muncul persoalan kelayakan menang bila Puan dan Airlangga dicalonkan menjadi capres. Kalau dilihat dari elektabilitas Puan dan Airlangga saat ini, tentu peluang menang sangat kecil.

“Karena itu, kecil kemungkinan PDIP dan Golkar akan memaksakan Puan dan Airlangga menjadi capres,” jelasnya.

- Advertisement -

Jadi, ada kemungkinan Puan akan dijadikan cawapres berpasangan dengan Prabowo sebagai capres. Kemungkinan ini semakin besar karena ada kedekatan hubungan antara Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo.

Selain itu, kata Jamiluddin, ada rumor bahwa Megawati dan Prabowo akan berkoalisi pada 2024 bila Prabowo mau masuk kabinet Jokowi. Kesepakatan itu akan mengusung Prabowo dan Puan dalam pilpres 2024. Kalau rumor itu benar, maka upaya memasangkan Prabowo dan Puan bukanlah spekulasi. Pasangan ini memang sudah direncanakan jauh-jauh hari.

Sementara itu, kata Jamiluddin, Airlangga akan terbuka maju bila dapat berpasangan dengan kandidat yang memiliki elektabilitas tinggi. Kandidat tersebut bisa Ganjar Pranowo atau Ridwan Kamil.

Partai lain yang mungkin bisa berkoalisi adalah Demokrat dan PKS. Dua partai ini masih perlu satu partai lagi agar dapat mengusung kandidatnya. Untuk itu, Demokrat dan PKS bisa berkoalisi dengan PPP atau PAN atau Nasdem.

“Kalau Demokrat dan PKS dapat menarik satu partai saja untuk berkoalisi, ada kemungkinan kandidat yang mereka usung Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pasangan ini tampaknya akan bersaing ketat dengan pasangan Prabowo dan Puan,” jelasnya.

Dua pasangan itu juga akan bersaing ketat bila Airlangga berpasangan dengan Ganjar atau Ridwan Kamil.

“Kalau tiga pasangan itu dapat maju dalam pilpres 2024, tentu masyarkat akan memilih pasangan yang sepadan. Siapa yang menang tentu tergantung dari soliditas partai pengusung dan relawan masing-masing kandidat,” pungkasnya. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini