spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Pertama Kalinya India akan Mengimpor Batu Bara, Krisis Listrik?

KNews.id- Penambang batu bara terbesar di dunia, Coal India, akan mengimpor batu bara karena meningkatkan kekhawatiran tentang pemadaman listrik. Kebijakan ini menjadi pertama kalinya sejak 2015 Coal India mengimpor bahan bakar tersebut.

Sebelumnya, Coal India menyoroti upaya pejabat negara bagian dan federal melakukan penimbunan batubara ketika India menghadapi pemadaman listrik terburuk dalam lebih dari enam tahun.

- Advertisement -

“Coal India akan mengimpor batubara untuk pencampuran atas dasar pemerintah-ke-pemerintah (G2G) dan pasokan ke pembangkit listrik termal dari generator negara bagian dan produsen listrik independen (IPP),” kata Kementerian Energi India sebagaimana dikutip Reuters, Ahad (29/5).

Keputusan itu diambil setelah adanya pernyataan bahwa beberapa tender impor batubara oleh negara bagian akan menimbulkan kebingungan dan mengupayakan pengadaan terpusat melalui Coal India. Namun, Kementerian Energi meminta pejabat di negara bagian untuk menangguhkan tender impor yang sedang diproses.

- Advertisement -

“Tender yang sedang dalam proses oleh pembangkit negara dan IPP untuk mengimpor batubara dapat ditunda demi menunggu penemuan harga oleh Coal India melalui rute G2G, sehingga bisa mendapatkan batubara dengan harga seminimal mungkin,” ungkap kementerian itu.

Sebagai informasi, India diperkirakan akan menghadapi kekurangan batu bara yang lebih luas selama kuartal III-2022 karena ekspektasi permintaan listrik yang lebih tinggi dan memicu kekhawatiran pemadaman listrik yang meluas. Persediaan batubara di pembangkit listrik telah menurun sekitar 13% sejak April ke tingkat pra-musim panas terendah dalam beberapa tahun. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini