spot_img
Jumat, Juni 14, 2024
spot_img

Persiapkan Diri untuk Puasa Syawal, Ini Waktu Terbaik untuk Melaksanakannya

KNews.id  – Ramadhan akan segera berkahir, pertanda bahwa tidak lama lagi kita akan memasuki bulan Syawal. 1 Syawal diperkirakan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Pada bulan Syawal itu terdapat satu amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan yaitu puasa sunnah. Puasa sunnah Syawal dikerjakan selama enam hari, bail secara berturut-turut ataupun tidak.

- Advertisement -
Menjalankan puasa Syawal memiliki keutamaan sebagaimana yang terdapat dalam hadis riwayat Muslim. Hadis itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR Muslim).

Utama Memulai Puasa Syawal Sehari Setelah Idul Fitri

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim memberikan penjelasan para ulama mazhab Syafi’i bersepakat, paling afdhol melakukan puasa Syawal secara berturut-turut sehari setelah sholat Idul Fitri.

“Namun jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa Syawal, setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadan. Karena seperti itu pun disebut menjalankan puasa enam hari Syawal setelah Ramadan.”

- Advertisement -

Ibnu Rajab Al Hambali dalam Lathoiful Ma’arif berpendapat, “Kebanyakan ulama tidak memakruhkan puasa pada tanggal 2 Syawal yaitu sehari setelah Idul Fitri.”

Sementara Syeikh Muhammad bin Rosyid Al Ghofiliy berpendapat,

- Advertisement -

“Yang lebih utama adalah memulai puasa Syawal sehari setelah Idul Fitri. Ini demi kesempurnaan dan menggapai keutamaan. Hal ini supaya mendapatkan keutamaan puasa segera mungkin sebagaimana disebutkan dalam dalil sebelumnya. Namun, sah-sah saja puasa Syawal tidak dilakukan di awal-awal bulan Syawal karena menimbang mashalat yang lebih besar.”

(Zs/Lptn.6)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini