spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Pernyataan Jokowi di Musra Dinilai Mengarah ke Ganjar

KNews.id- Pernyataan Presiden Jokowi dalam Musyawarah Rakyat (Musra) soal sosok ideal untuk menjadi pemimpin Indonesia ke depan dinilai mengarah kepada Ganjar Pranowo.

Hal tersebut dikatakan oleh Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, melansir Antara, Selasa (16/5/2023).

- Advertisement -

“Dalam perspektif semiotika, bisa saja pernyataan Jokowi mengarah pada sosok Ganjar Pranowo,” kata Karyono.

Menurutnya, kriteria pemimpin yang Jokowi sebutkan bisa dimaknai secara eksplisit, implisit, dan semiotika. Jokowi memang tidak eksplisit menyebut nama calon pemimpin yang dia maksud.

- Advertisement -

Oleh karena itu, pernyataan Jokowi bisa dimaknai berlaku untuk siapa pun bakal capres yang ingin maju di kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Salah satu indikatornya, misalnya, dari hasil beberapa lembaga survei menunjukkan Ganjar dipersepsikan merakyat,” ungkapnya.

- Advertisement -

Dalam survei SMRC pada Mei 2023, Ganjar Pranowo dinilai unggul dari segi kejujuran dan perhatian kepada rakyat. Bagi pemilih, dua sifat itu harus dimiliki pemimpin yang akan maju sebagai capres.

“Hasil survei tersebut berkorelasi dengan kriteria yang disampaikan Presiden Joko Widodo,” kata Karyono.

Dalam pidato puncak Musra Indonesia, pada Minggu 14 Mei 2023, Jokowi menyebut Indonesia perlu sosok pemimpin kuat, berani, antikorupsi, bisa merawat demokrasi, memahami kebutuhan rakyat, dan mengerti bagaimana memaksimalkan potensi untuk kemajuan bangsa.

Jokowi pun mengajak masyarakat memilih sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia. Pernyataan Jokowi itu lebih menekankan pada prinsip dan kriteria seorang pemimpin yang harus peduli pada nasib rakyat.

Selain itu, pemimpin juga seharusnya tidak hanya duduk di belakang meja, tetapi turun ke bawah untuk memahami permasalahan konkret yang dihadapi rakyat.

Dia memaknai ucapan Jokowi untuk memilih pemimpin yang memahami berbagai tantangan bangsa, berani membela rakyatnya, dan mampu membawa kemajuan bangsa dan negara.

“Jokowi mengimbau jangan menjadi pemimpin yang elitis, tetapi jadilah pemimpin yang menyatu dengan rakyat,” kata Karyono. (RZ/SR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini