spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Perkuat Keuangan Syariah, IsDB Kucurkan Pinjaman USD100 Juta ke SMI

KNews.id- PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) bersama dengan Operations Islamic Development Bank (IsDB) menandatangani dokumen komitmen persetujuan pemberian Line of Financing Facility (LoF) dari IsDB sebesar USD100 juta.

Pemberian LoF tersebut akan memberikan dukungan akses terhadap sumber pendanaan alternatif kepada PT SMI untuk pembiayaan pembangunan nasional sekaligus untuk mendukung ekosistem pembiayaan syariah di Indonesia.

- Advertisement -

Selain itu, PT SMI dan IsDB pun akan mengatalisasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui instrumen pendanaan berbasis syariah.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dan Presiden IsDB, Muhammad Al-Jasser yang dilakukan di Jeddah, pada rangkaian kegiatan IsDB Annual Meeting ke-48 tanggal 10-13 Mei 2023.

- Advertisement -

Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, mengatakan bahwa, kerja sama yang terjadi saat ini sebagai bentuk kelanjutan kerja sama dengan IsDB yang telah terjalin cukup lama, khususnya dalam meningkatkan inklusifitas keuangan syariah terhadap pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

“PT SMI berharap dapat menarik sumber pendanaan syariah lainnya untuk bersama-sama mendukung agenda pembangunan prioritas nasional sehingga multiplier effect yang terbentuk akan besar dan memberikan dampak yang positif bagi akselerasi pembangunan di Indonesia,” ucap Edwin dalam keterangan resmi dikutip, 16 Mei 2023.

- Advertisement -

Adapun, dalam kerangka LoF tersebut, kerja sama yang akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak antara lain mengenai potensi pembiayaan dengan tema transisi energi dan energi terbarukan melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dengan skema blended financing dan peningkatan kapasitas.

Di mana, salah satunya melalui Energy Transition Mechanism Country Platform yang dalam hal ini PT SMI ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai Country Platform Manager pada Presidensi G20 Indonesia 2022 yang lalu.

Selain itu, IsDB juga dapat secara bersama-sama dengan PT SMI melakukan co-financing terhadap proyek infrastruktur baik yang dikembangkan oleh badan usaha maupun pemerintah daerah serta pengembangan produk pembiayaan dan usaha syraiah yang ada di PT SMI, untuk meningkatkan ekosistem pembiayaan syariah khususnya terhadap pembangunan nasional. (RZ/IBN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini