spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

‘Perang Terbuka’ AS dan China di Depan Mata!

KNews.id- Pemerintah China sedang menghadapi sejumlah tantangan di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya penanganan Covid-19 di internal semata, melainkan juga gelombang anti-China yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) berpotensi membuat kedua negara terlibat perang senjata.

Setidaknya, ini adalah pernyataan dari sebuah laporan internal China yang disajikan awal bulan lalu oleh Kementerian Keamanan Negara kepada para pemimpin China, termasuk Presiden Xi Jinping.

“Akibatnya,  Beijing menghadapi gelombang sentimen anti-China yang dipimpin oleh Amerika Serikat setelah pandemi dan perlu dipersiapkan dalam skenario terburuk untuk konfrontasi bersenjata antara kedua kekuatan global,” tulis Reuters, mengutip sumber yang menolak untuk disebutkan identitasnya itu.

Menurut Reuters, laporan itu disusun Institut Hubungan Internasional Kontemporer China (CICIR). Lembaga ini adalah think tank berpengaruh, yang sampai tahun 1980 berada di dalam Kementerian Keamanan Negara, dan memberi saran kepada pemerintah tentang kebijakan luar negeri dan keamanan.

- Advertisement -

Reuters pun menyatakan mereka tidak dapat menentukan sampai sejauh mana penilaian gamblang yang dijelaskan dalam laporan ini mencerminkan posisi yang dipegang oleh para pemimpin negara China. Hal itu termasuk apakah itu akan memengaruhi kebijakan.

“Tetapi penyajian laporan itu menunjukkan betapa seriusnya Beijing menghadapi ancaman serangan balik yang dapat mengancam apa yang dilihat China sebagai investasi strategisnya di luar negeri dan pandangannya terhadap keamanannya,” tulis Reuters.

Laporan itu juga memaparkan China percaya AS ingin menahan negeri panda dari kebangkitan. Di mana China telah menjadi lebih asertif secara global seiring dengan pertumbuhan ekonominya.



“Makalah itu menyimpulkan bahwa Washington memandang China sebagai ancaman ekonomi dan keamanan nasional dan tantangan bagi demokrasi Barat,” kata sumber-sumber itu “Laporan itu juga mengatakan Amerika Serikat bermaksud melemahkan Partai Komunis yang berkuasa dengan merusak kepercayaan publik.”

Namun sayangnya, Kementerian Luar Negeri China menolak berkomentar soal ini. Hal senada juga dilakukan CICIR.

- Advertisement -

Sementara itu, hubungan AS-China sendiri memang sudah tidak harmonis sejak lama. Kedua negara kerap terlibat perselisihan. 

Apalagi saat AS ada di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump. Pada 2018, keduanya terlibat perang dagang berkepanjangan dan saling menerapkan tarif senilai ratusan miliar dolar AS.

Mereka juga terjebak perselisihan akibat Undang-undang Hak Asasi Manusia Hong Kong dan Taiwan. Kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu juga terlibat cekcok di wilayah yang diperebutkan di Laut Cina Selatan. 

Terbaru, kedua negara berselisih soal asal-usul virus corona yang sudah menginfeksi lebih dari 3,6 juta lebih orang di muka bumi.

AS menyampaikan kecurigaannya mengenai asal dari Covid-19 dengan menyebut wabah itu buatan manusia dari sebuah laboratorium virologi di Wuhan. 

Wuhan sendiri adalah lokasi pertama kali Covid-19 menyebar, di China bagian tengah. Pemerintah Xi Jinping sudah berulang kali membantah tuduhan tersebut.

“Ya, ya saya punya,” kata Trump pada pekan lalu ketika ditanya apakah dia telah melihat bukti yang dapat sangat meyakinkannya bahwa virus tersebut berasal dari Institut Virologi Wuhan, sebagaimana dilaporkan France 24.

- Advertisement -

Namun demikian, Trump menolak untuk membeberkan detailnya.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda itu. Saya tidak diizinkan untuk memberitahu Anda tentang itu.”

Menanggapi rumitnya hubungan kedua negara, tidak hanya laporan internal China yang meyakini kedua negara bisa terlibat perang di masa depan. Seorang ahli dari

Turki bernama Mesut Hakki Casin juga memiliki pendapat serupa. Casin berpendapat cekcok antara kedua negara bisa berubah menjadi perang terbuka yang panas. Bahkan, dengan mempertimbangkan semua aspek yang dimiliki kedua negara, termasuk kekuatan militer dan pertahanan mereka, profesor hukum di Universitas Yeditepe Istanbul itu mengatakan perang akan lebih besar dari Korea Selatan dan Utara.

“Jadi perang dunia ketiga dimulai antara kekuatan besar, dan duel abad ke-21 akan menjadi duel terakhir antara Washington dan Beijing,” katanya kepada Anadolu Agency. “Saya percaya konflik di sini akan melampaui perang Korea Selatan dan Utara,” jelasnya. (FHD&Reuters)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini