spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Penyaluran Kredit UMKM Bank Mandiri Tembus Rp103,93 T

KNews – Penyaluran kredit UMKM Bank Mandiri tembus Rp103,93 T. Meski memiliki spesialisasi ke segmen korporasi, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) tetap memacu pembiayaan bagi pelaku UMKM.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi AS Aturridha, menyatakan total penyaluran kredit Bank Mandiri ke segmen UMKM telah mencapai Rp 103,93 triliun secara bank only pada Januari 2022.

- Advertisement -

“Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 17,83% bila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya atau year on year (YoY),” papar Rudi kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.

Bank Mandiri memproyeksi pertumbuhan di segmen UMKM akan terus membaik sejalan dengan momentum pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Adapun, dalam upaya mendorong UMKM, Bank Mandiri telah menyiapkan beberapa strategi.

- Advertisement -

“Antara lain, memperluas jangkauan layanan kredit UMKM melalui jaringan cabang, e-channel dan mandiri agen serta perbaikan proses bisnis. Kami juga telah mendorong bisnis UMKM secara non organik melalui berbagai kerjasama dengan perusahaan anak, e-commerce, maupun financial technology,” jelasnya.

Asal tahu saja, Sepanjang tahun 2021, penyaluran kredit UMKM Bank Mandiri meningkat signifikan sebesar 15% secara tahunan dengan nilai realisasi menembus Rp 103,5 triliun.

- Advertisement -

Pertumbuhan pada sisi kredit UMKM, juga didukung oleh upaya pemerintah dan regulator lewat optimalisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hasilnya, realisasi penyaluran KUR Bank Mandiri berhasil memenuhi target yang dipatok oleh pemerintah pada tahun 2021 sebesar Rp 35 triliun kepada lebih dari 371.000 debitur.

Sejalan dengan mandat pemerintah, penyaluran KUR Bank Mandiri utamanya disalurkan ke sektor produktif seperti pertanian sebesar Rp 9,93 triliun serta industri pengolahan dan lainnya sebesar Rp 6,88 triliun. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini