spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Penyaluran Kredit Bank Mandiri ke Sektor CPO Naik 3,4 Persen Per November 2022

Adapun, dalam mendukung pertumbuhan kredit ke sektor ini, Bank Mandiri telah mempertajam penerapan bisnis berbasis ramah lingkungan antara lain melalui adopsi ketentuan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) maupun Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebagai persyaratan mutlak calon debitur.

Ia menyatakan RSPO sendiri adalah organisasi Internasional yang dibentuk berdasarkan inisiatif dari multi stakeholder untuk memastikan kepatuhan terhadap prinsip dan kriteria tertentu yang diadopsi dari MDGs dalam melakukan proses produksi dan menggunakan minyak kelapa sawit secara berkelanjutan.

- Advertisement -

“Hal Ini dilakukan guna mendukung gerakan Pemerintah Indonesia dan regulator dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan keberlanjutan industri,” tambahnya.

Adapun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan porsi penyaluran kredit terkait CPO sebesar 5,96% dari total portofolio pembiayaan bank umum hingga September 2022. Secara nominal, penyaluran kredit untuk CPO ini mencapai Rp 374,1 triliun di sembilan bulan pertama 2022.

- Advertisement -

“Dalam tiga tahun terakhir, nominal kredit CPO yang disalurkan oleh industri perbankan terus menunjukkan peningkatan meskipun secara pertumbuhan cenderung berfluktuasi. Adapun kredit komoditas CPO mencatatkan pertumbuhan tertinggi yakni 12,72% YoY per September 2022,” mengutip Laporan Profil Industri Perbankan OJK kuartal IV pada Selasa.

Peningkatan kredit CPO ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan dana bagi pelaku usaha. Seiring mulai kembali pulihnya bisnis dan kenaikan biaya produksi akibat melambungnya harga pupuk non-subsidi karena adanya pembatasan ekspor bahan baku yang dilakukan Rusia dan Tiongkok. (Ach/Ktn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini