spot_img
Selasa, Mei 14, 2024
spot_img

Penyaluran KPR BTN Masih On Track di Tengah Pandemi

KNews.id- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, optimistis geliat properti akan makin menarik di tahun pemulihan. Untuk menggarap pasar tersebut, BTN menggelar pameran perumahan virtual (virtual expo) 2021 pada 14 Desember 2020 sampai 14 Januari 2021.

Vice President Non-Subsidized Mortgage and Consumer Lending Division PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Suryanti Agustinar mengatakan, di tengah tekanan pandemi, sektor perumahan mengalami pertumbuhan mencapai 2 persen pada triwulan III 2020 dan di tahun 2021 diproyeksikan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5 persen pada sektor perumahan.

- Advertisement -

“Penyaluran KPR BTN di 2020 masih on track dengan target meski ada pandemi. Penjualan perumahan untuk segmen MBR masih signifikan, tapi di atas Rp 500 juta ada penurunan. Untuk pembeli rumah pertama di masa pandemi tidak ada penurunan karena merasa harus punya rumah. Sehingga di tahun 2021 dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih bagus, perbankan lebih yakin lagi,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (11/1).

Suryanti juga mengajak kepada masyarakat jangan menunda untuk membeli properti, karena harga memang sedang terjangkau.

- Advertisement -

“Mungkin para pengembang sedang ingin mempercepat cashflow-nya sehingga memberikan diskon-diskon yang luar biasa menarik dan tidak akan bisa didapatkan lagi saat momentum pascapandemi Covid-19,” katanya.

BTN mencatatkan KPR Subsidi tumbuh di level 6,09 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 104,46 triliun pada Oktober 2020. Sedangkan penyaluran KPR non-subsidi senilai Rp 71,91 triliun. Di segmen pembiayaan syariah yang didominasi KPR pun, BTN Syariah mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,31 persen yoy menjadi Rp 24,56 triliun per Oktober 2020. (Ade)

- Advertisement -

Sumber: BeritaSatu

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini