spot_img
Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Penjelasan Mensos Risma dan Menkeu Sri Mulyani Soal BLT Rp600 Ribu yang Tak Kunjung Cair Setelah Lebaran

 

KNews.id – Bansos tambahan yakni BLT Rp600 ribu tak kunjung cair bahkan setelah Lebaran 2024 ini. Bantuana bernama BLT Mitigasi Risiko Pangan seyogyanya dicairkan sejak Februari 2024 lalu.

- Advertisement -

Namun tiba-tiba secara berkala penyaluran bantuan sosial ini molor. Lantas bagaimana penjelasan Mensos Risma dan Menkeu Sri Mulyani? Seperti diketahui BLT MRP sebenarnya adalah bantuan yang tahun lalu bernama BLT El Nino.

Hanya saja ada sedikit perbedaan dimana untuk penyalurannya alokasi 3 bulan, April-Juni 2024 sebesar Rp600 ribu. Sementara BLT El Nino hanya Rp400 ribu. Terkait penyaluran BLT Rp600 ribu ini sebenarnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sudah buka suara.

- Advertisement -

Dalam keterangan terbaru, BLT jenis ini akan dicairkan pada semester 1 2024. Itu artinya paling lambat pencairannya dilakukan Juni 2024 mendatang.

Nah, terkait hal tersebut, merangkum jalnnya gelaran Sidang Sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi, Menkeu Sri Mulyani menjelaskan jika BLT tersebut belum dicairkan. Hal itu karena pihaknya belum menerima dokumen pencairan anggaran terkait program BLT Mitigasi Risiko Pangan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

- Advertisement -

Secara detail, terungkap bahwa sebenarnya BLT jenis ini baru diputuskan pemerintah awal tahun 2024 kemarin. Hal itu membuat, jika BLT MRP akan dilakukan, harus ada tambahan anggaran bantuan pemerintah yang dilakukan oleh kemensos.

Maka pengajuan anggaran dari Kemensos harus ditujukan ke Kemenkeu. Terkait hal itu, Mensos Risma juga menjelaskan jika BLT Mitigasi Risiko Pangan ini memang sebenarnya tidak termasuk program bansos yang disiapkan tahun ini.

Setali tiga uang, Mensos mengaku untuk mencairkan bantuan jenis ini harus ada penambahan anggaran dari pemerintah. Hanya saja dirinya tidak berani untuk mengajukan penambahan anggaran untuk program yang baru diumumkan pada Januari lalu itu.

Hal itu terkait kondisi keuangan Indonesia yang tak diketahui oleh Mensos Risma untuk tahun ini. Adapun sudah dijelaskan jika bantuan tambahan pemerintah ini memang akan cair paling lambat tengah tahun ini. Dimohon KPM menunggu dengan sabar.

(Zs/AB)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini