spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Pengusaha Investasi Rp 20 T di IKN, Modus Pengadaan Fiktif Eks Direktur Pos Indonesia

KNews.id – Berita ekonomi dan bisnis sepanjang Sabtu, 23 September 2023 dimulai dari Jokowi mengungkapkan sejumlah nama pengusaha dalam negeri yang ikut berpartisipasi dalam membangun berbagai fasilitas publik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selanjutnya mantan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat pada Kamis, 21 September 2023. Kejari menyebut Siti Choiriana terlibat dalam kasus pengadaan barang dan jasa fiktif di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. pada 2017.

- Advertisement -

Disusul, harga beras hari ini, Sabtu, 23 September 2023 terpantau masih terus naik. Bahkan, harga beras saat ini juga telah melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah sejak Maret 2023 lalu.

Berikutnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) merupakan salah satu lembaga pusat yang membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

- Advertisement -

Terakhir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan progres pembangunan fisik berupa infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Saat ini pembangunannya telah mencapai sekitar 40 persen.

Kelima berita ini paling banyak diakses pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima berita yang trending tersebut:

- Advertisement -

1. 12 Pengusaha Gelontorkan Investasi Rp 20 Triliun di IKN, Jokowi: Tidak Mungkin kalau Tak Ada Cuan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan sejumlah nama pengusaha dalam negeri yang ikut berpartisipasi dalam membangun berbagai fasilitas publik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Informasi tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis, 21 September 2023.

Jokowi mengatakan bahwa para pengusaha yang akan berinvestasi di IKN ini tergabung dalam konsorsium yang dipimpin langsung oleh Bos Agung Sedayu Group, Sugianto Kusuma alias Aguan. Adapun jumlah investasi yang digelontorkan pada proyek di ibu kota baru tersebut adalah sekitar Rp 20 triliun. Jokowi pun lantas merinci para pengusaha tersebut.

“Pak Aguan, Pak Franky, Pak Prajogo, Pak Eka Tjandranegara, Pak Pui, Pak Boy Thohir, Pak Kuncoro Wibowo, Pak Djoko Susanto, dan yang lain yang tidak bisa saya sebut satu per satu,” sapa Jokowi saat groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis, 21 September 2021 melansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

2. Ini Modus Pengadaan Barang Fiktif Eks Direktur Pos Indonesia Siti Choiriana, Rugikan Negara Rp 236 Miliar

Mantan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Siti Choiriana ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat pada Kamis, 21 September 2023. Kejari menyebut Siti Choiriana terlibat dalam kasus pengadaan barang dan jasa fiktif di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. pada 2017.

Dari pengadaan barang dan jasa fiktif ini, kerugian negara ditaksir sebesar Rp 236 miliar. “Beliau sudah kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kepala Kejari Jakarta Barat, Iwan Ginting kepada Tempo melalui sambungan telepon, Kamis, 21 September 2023.

Pengadaan barang fiktif ini dilakukan saat Siti menjabat sebagai Executive Vice President Divisi Enterprise Service (DES) PT Telkom Indonesia pada 2017. Ia menandatangani empat kontrak berlangganan antara DES PT Telkom Indonesia dengan PT Quartee Technologies, pada 17 Maret 2017. Kontrak itu untuk pengadaan komputer Lenovo Think Center.

3. Harga Beras Sepekan Terus Naik, Hari Ini Tertinggi

Harga beras hari ini, Sabtu, 23 September 2023 terpantau masih terus naik. Bahkan, harga beras saat ini juga telah melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah sejak Maret 2023 lalu.

Dilansir dari Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), melalui data harga pedagang eceran per 23 September 2023, harga beras premium terlihat naik 0,20 persen menjadi Rp 15.680 per kilogram (kg). Sementara harga beras medium naik 0,08 persen menjadi Rp 13.040 per kg.

Sepekan lalu, 16 September 2023, harga beras premium tercatat Rp 14.530 per kg. Sedangkan harga beras medium tercatat Rp 12.890 per kg. Harga ini merupakan rata-rata nasional di tingkat pedagang eceran.

4. CPNS PPATK 2023: Formasi, Syarat, dan Unit Penempatannya

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) merupakan salah satu lembaga pusat yang membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal itu tertuang dalam Surat Pengumuman PPATK No. 13 Tahun 2023 tentang Pengadaan CPNS PPATK Tahun Anggaran (TA) 2023.

Terdapat 50 formasi pada jabatan Analis Transaksi Keuangan Ahli Pertama yang dibutuhkan pada seleksi CPNS PPATK 2023. Berikut rincian kualifikasi pendidikan dan unit penempatannya.

5. Cerita Basuki Hadimuljono soal Pembangunan di IKN: 2024 Saya yang Pertama Datang dan Tinggal di Sini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono membeberkan progres pembangunan fisik berupa infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Saat ini pembangunannya telah mencapai sekitar 40 persen.

Ia pun yakin pada tahun 2024, seluruh pekerjaan fisik tersebut sudah rampung dan IKN sepenuhnya siap dihuni. “Pada tahun 2024, nanti saya akan jadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal di sini,” ujar Basuki Hadimuljono saat memberikan kata sambutan pada acara Penyerahan Peta Jalan Indonesia Emas 2045, Jumat malam, 22 September 2023.

Basuki Hadimuljono optimistis bahwa IKN Nusantara tak hanya akan menjadi kota yang lengkap infrastrukturnya, tapi pembangunan nonfisik juga diperhatikan.

“Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar, tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni.” (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini