spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Penggunaan QRIS Meningkat, BI: Alhamdulilah di Bulan April Mencapai 25,4 Juta

KNews.id- Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti mengungkapkan hingga akhir April 2023 tercatat sebanyak 25,4 juta pedagang atau merhcant telah menggunakan Quick Responsen Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran.

Jumlah merchant tersebut adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mana capaian itu sesuai dengan tujuan awal diluncurkan layanan ini oleh BI pada Agustus 2019.

- Advertisement -

“Alhamdulilah per bulan April yang menggunakan QRIS mencapai 25,4 juta merchant, kita tau jika unit usaha yang ada di Indonesia sekitar 66 juta dan 99% nya merupakan pelaku UMKM,” ujar Destru dalam Acara FEKDI 2023, Rabu, 10 Mei 2023.

Dia menjelaskan, peningkatan merchant maupun pengguna QRIS di Indonesia kian meningkat yang menggambarkan bahwa masyarakat dan pedagang semakin melek keuangan digital, sehingga akselerasi ekonomi keuangan digital kedepan pun diperkirakannya akan terus meningkat.

- Advertisement -

“Ini gambarkan bahwa UMKM kita mulai melek dengan digital dan ini tentunya akan mempermudah dan akan meningkatkan transaksi mereka kedepan,” kata Destry.

Selain itu, Destry pun meyakini bahwa Indonesia memiliki peluang yang sangat besar sekali untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan digital.

- Advertisement -

“Karena berdasarkan berbagai proyeksi pemerintah menyebutkan bahwa ekonomi dan keuangan digital nilainya akan meningkat menjadi USD130 miliar pada tahun 2025. Bahkan pada pembukaan FEKDI 2023 dua hari lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa di tahun 2030 sizer ekonomi keuangan digital bisa mencapai USD315 miliar,” terangnya. (RZ/IBN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini