spot_img
Jumat, Maret 1, 2024
spot_img

Pengelolaan Buruk, Pendapatan PLN Enjiniring Menurun

KNews.id- Salah satu sumber pendapatan negara di PT PLN Enjiniring sepertinya tidak dikelola dengan baik. Faktanya, sejumlah pemasukan yang harusnya diterima pada tahun yang sudah ditetapkan, terlambat ditagih sekian miliar rupiah.

Dari dokumen yang dimiliki Tim Investigator KA diketahui, pendapatan yang telat ditagih tersebut adalah tiga paket pekerjaan pada PT PLN Enjiniring. Ketiganya memiliki potensi yang dapat ditagihkan dalam tahun 2016, sebesar Rp4.361.103.501. Namun faktanya, PT PLN Enjiniring belum menagihnya.

- Advertisement -

Pada akhirnya, pendapatan tahun 2016 sebesar Rp4.361.103.501 ini terlambat diterima oleh PT PLN Enjiniring. Bahkan yang sangat disayangkan adalah, uang tersebut tidak dapat segera dimanfaatkan untuk operasional perusahaan.

Padahal kondisi PT PLN Enjiniring pada tahun 2016 terlihat kurang baik. Dan, laba tahun berjalan mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Namun, PT PLN Enjiniring terkesan tidak mengoptimalkan pendapatannya dengan baik.

- Advertisement -

Tidak hanya itu kisah tentang PT PLN Enjiniring. Pernah pada suatu ketika, di tahun yang sama yaitu tahun 2017. PT PLN dinilai publik terkesan ogah-ogahan menerima denda keterlambatan.

Pendapatan PT PLN Enjiniring

Denda keterlambatan dimaksud adalah terkait penyelesaian pekerjaan Subkon Site Investigation sebesar Rp9.744.500. Lalu, kehilangan potensi pemasukan atas biaya personel sekian miliar rupiah pada pekerjaan yang sama. Hanya saja, pekerjaan ini lebih pada pekerjaan jasa konsultansi pembuatan dokumen enjiniring Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG).

Sama seperti sebelumnya, pemasukan ini juga tidak dapat ditagihkan kepada induk perusahaan, yaitu PT PLN (persero). Nilainya pun, sepertinya cukup membuat publik terkejut, yaitu sebesar Rp2.276.241.500.

Menurut masyarakat, hal ini menunjukkan pengelolaan pendapatan PT PLN Enjiniring masih belum baik. Jadi wajar saja jika terdapat penurunan pendapatan pada tahun sebelumnya. Terkahir sebagai informasi tambahan. PT PLN Enjiniring sendiri merupakan salah satu perusahaan korporasi PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dengan Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN.

Secara Anggaran Dasar perusahaan, PT PLN Enjiniring bergerak dalam usaha enjiniring, pengadaan, dan konstruksi, operasi, serta pemeliharaan pada bidang ketenagalistrikan dan nonketenagalistrikan.(FT&Tim Investigator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini