spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Pengamat Nilai Erick Thohir Mampu Menarik Pendukung Jokowi sebagai Cawapres

KNews- Menteri BUMN Erick Thohir dinilai mempunyai kemampuan menarik dukungan dari pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika diusung menjadi Cawapres pada Pilpres 2024.

Hal ini dikatakan oleh pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi. Hal ini kata Burhanuddin, membuat sosok Erick Thohir menjadi menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi.

- Advertisement -

Sehingga dia patut diperhitungkan untuk diusung pada kontestasi demokrasi mendatang.

“Erick Thohir bisa menarik pendukung Pak Jokowi,” terang Burhanuddin, Selasa (23/5/2023).

- Advertisement -

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia ini menjelaskan, kemampuan Erick Thohir dalam menarik dukungan dikarenakan hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Jokowi.

Burhanuddin mengungkapkan, eks Presiden Inter Milan ini memang dikenal memiliki hubungan yang sangat dekat dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

- Advertisement -

“Kedekatan ini tidak hanya dalam ranah profesional namun juga personal. Dalam ranah profesional, Erick Thohir kerap menerima penugasan strategis dari Presiden Jokowi,” jelasnya.

Berbagai penugasan ini pun berhasil diselesaikan oleh Erick Thohir. Seperti penanggulangan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional di mana Erick Thohir mengemban amanah dari Presiden Jokowi sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Selain itu, transformasi perusahaan-perusahaan BUMN jadi lebih baik di mana Erick Thohir berhasil memberikan dividen tertinggi sepanjang sejarah Indonesia kepada negara yakni di angka Rp80,2 triliun.

Bersamaan dengan itu, menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini juga berhasil mengungkap kasus-kasus korupsi di perusahaan-perusahaan pelat merah.

Erick Thohir juga berhasil mewujudkan harapan Presiden Jokowi agar dunia sepak bola Indonesia tidak terasingkan dari komunitas internasional pasca pembatalan Piala Dunia U-20.

“Kemudian dalam ranah personal terekam jelas ketika Erick Thohir menerima amanah sebagai Ketua Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo,” ungkapnya.

Terakhir Burhanuddin mengatakan, Erick Thohir adalah sosok yang diendorse atau didukung oleh Presiden Jokowi sebagai cawapres. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan nama Erick Thohir sebagai salah satu cawapres yang cocok untuk mendampingi Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo selepas salat Idulfitri di Kota Solo.

“Erick Thohir ini bagaimana pun sosok yang dekat dengan Presiden Jokowi. Nama yang di-endorse Pak Jokowi,” pungkasnya. (RZ/SND)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini