spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Pengamat: Negara Makin Gaduh, Sikap Ambigu Jokowi Tunda Pemilu 2024

KNews – Pengamat: negara makin gaduh, sikap ambigu Jokowi tunda pemilu 2024. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempunyai sikap ambigu terkait penundaan pemilu 2024.

Di satu sisi ia mengikuti konstitusi menolak pemilu 2024 ditunda namun mantan Wali kota Solo tidak melarang wacana jabatan presiden diperpanjang karena bagian demokrasi.

- Advertisement -

“Sikap ambigu Jokowi terkait penundaan Pemilu 2024 membuat negara makin gaduh,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada redaksi www.suaranasional.com, Senin (7/3/2022).

Kata Amir, publik bisa menafsirkan sikap Jokowi ingin menunda Pemilu 2024. “Tidak bisa mengatasnamakan demokrasi dengan melawan konstitusi membolehkan wacana menunda 2024,” papar Amir.

- Advertisement -

Menurut Amir, ada upaya menjadikan Jokowi diktator dengan menunda Pemilu 2024. “Jokowi bisa berkuasa lama dengan melakukan amandemen UUD 45,” ungkap Amir.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan, wacana penundaan pemilu tidak bisa dilarang. Sebab, hal itu bagian dari demokrasi.

- Advertisement -

Namun, sekali lagi, ia menegaskan bakal tunduk dan patuh pada konstitusi. “Siapa pun boleh-boleh saja mengusulkan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, menteri atau partai politik, karena ini kan demokrasi.

Bebas aja berpendapat. Tetapi, kalau sudah pada pelaksanaan semuanya harus tunduk dan taat pada konstitusi,” ujarnya. (RKZ/sn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini