spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Pengamat: Anies Baswedan Meniru Gaya Bang Ali Sadikin dalam Menjaga Ketahanan Pangan Nasional di Jakarta

KNews.id- Anies Baswedan meniru mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin menjaga ketahanan pangan nasional di Jakarta dengan melakukan panen raya bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

“Apa yang dibangun Gubernur Anies, mengingatkan saya kepada Gubernur Ali Sadikin periode 1966 – 1977,” ujar pengamat kebijakan publik Amir Hamzah, Kamis (17/6).

- Advertisement -

Pada masa jabatannya, Ali Sadikin berhasil membangun dan mengembangkan ketahanan nasional di ibu kota.

Menurut Amir, ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan yang berhasil dibangun pada jaman Ali Sadikin bisa dilihat pada soliditas dukungan parpol, ormas, cederkiawan, para ulama, pada saat itu.

- Advertisement -

“Kalaupun ada pemiliran-pemikiran atau gagasan gagasan yang bertentang yang orang pikir itu kontraproduktif,” jelas Amir.

“Menurut saya, kemampuan Bang Ali dalam membangun dan mengembangkan ketahan nasionanl ibukota ini bisa juga mengilhami PD PJ dan CFS. Apalagi sepanjang yang saya ketahui lewat diskusi ternyata Direktur PD PasarJaya Arief Nasruddin sangat mengidolakan Ali Sadikin,” ungkapnya.

- Advertisement -

Panen Raya di Sumedang mengindikasikan Gubernur Anies dan jajarannya secara serius mau membangun dan mempertahankan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan di ibu kota.

“Salah satu aspek yang dapat langsung dirasakan masyarakat adalah para petani di Jawa Barat, padi dan beras yang dibeli Pemda DKI Jakarta dengan harga yang layak sehingga para petani tidak dirugikan para tengkulak, calo dan sebagainya,” katanya.

Pemda DKI membeli langsung dari Sumedang, maka untuk Jakarta ada dua aspek yang langsung terlihat. Pertama, kecukupan stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan mempertahan stok beras maka stabilitas stok pangan bisa dipertahankan.

“Kedua, tidak menggangu daya beli masyarakat. Harga stabil tidak fluktuatif. Kita bisa mengendalikan harga dengan baik,” ujarnya lagi. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini