spot_img
Selasa, April 30, 2024
spot_img

Pemerintah Segera Terbitkan Global Talent Visa untuk Gaet WNA Bertalenta Bekerja di Indonesia

KNews.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Silmy Karim mengatakan, pemerintah segera menerbitkan Global Talent Visa untuk menggaet warga negara asing (WNA) yang mumpuni datang ke Indonesia. Adapun Global Talent Visa merupakan satu bagian dari kebijakan Golden Visa. “Kita berharap kebijakan Global Talent Visa menarik minat talenta terbaik dunia supaya datang dan berkontribusi di Indonesia,” ujar Silmy.

WNI Potensial Jadi WN Singapura Sepanjang 2019-2022 Mantan Direktur Utama (Dirut) Krakatau Steel itu mengatakan, kebijakan Global Talent Visa juga dikeluarkan sekaligus untuk merespons tren warga negara indonesia (WNI) yang beralih status kewarganegaraan. Sepanjang 2019-2022 misalnya, sebanyak 3.912 WNI beralih status menjadi warga negara (WN) Singapura. Mereka yang pindah negara berusia antara 25-35 tahun atau berada dalam usia produktif dan memiliki potensi.

- Advertisement -

Ada Tawaran Khusus “Saya kira sah-sah saja bagi WNI yang pindah kewarganegaraan demi taraf hidup yang lebih baik selama dilakukan secara legal,” tuturnya. Lebih lanjut, Silmy berharap, WNA yang menggunakan Global Talent Visa bisa berkontribusi untuk perekonomian dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Adapun dasar hukum Global Talent Visa akan berbentuk peraturan Pemerintah (PP) yang akan ditandatangani Presiden Joko Widodo dan akan diterbitkan dalam waktu dekat. Menurut Silmy, setidaknya terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi WNA agar bisa mendapatkan Global Talent Visa.

Data Biometrik Aman Kriteria itu adalah lulusan dari 100 universitas terbaik dunia dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5 yang dibuktikan dengan ijazah; atau Sertifikat keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan negara yang diatur dalam Keputusan Menteri/Direktur Jenderal; serta surat keterangan dari kementerian/lembaga yang membutuhkan. “Indonesia butuh sumber daya manusia yang produktif dan potensial, tidak hanya dari dalam negeri, melainkan juga dari luar. Ini jadi salah satu latar belakang kami inisiasi Global Talent Visa,” jelas Silmy. Sebelumnya, Silmy menyebut terdapat rata-rata 1.000 mahasiswa RI beralih menjadi WN Singapura disampaikan dalam Festival Gen Z 2023 yang digelar CentennialZ.

- Advertisement -

Dirjen Imigrasi: Masyarakat Tak Perlu Khawatir Dalam forum itu, Silmy tengah menjelaskan perintah Presiden Joko Widodo memerintahkan agar pihak Imigrasi mempermudah warga negara asing yang berkualitas masuk dan mendapatkan izin tinggal di tanah air. Ia kemudian menyebut bahwa terdapat 1.000 mahasiswa RI yang menjadi warga negara Singapura setiap tahunnya. “Bersaing kita merebut orang orang hebat, orang-orang pintar tetapi kita juga jangan nonton,” ujar Silmy sebagaimana dikutip dari YouTube CentennialZ. (Zs/Kmps)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini