spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Pemerintah Menunda Umrah sampai Tahun Depan!

KNews.id- Masuknya virus Omicron ke Indonesia membuat pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan menunda keberangkatan umrah hingga 2 Januari 2022.

“Alhamdulillah setelah kami mendapat arahan dari bapak Menag (Menteri Agama) bahwa umrah akan ditunda menindaklanjuti arahan presiden terkait dengan omicron. Jadi sekarang ini penundaan paling tidak sampai tanggal 2 Januari dan terus kita evaluasi apakah sudah memungkinkan untuk diberangkatkan atau belum,”kata Direktur pada Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nur Arifin saat dihubungi MNC Portal, Jumat,(17/12).

- Advertisement -

Jadwal itu dibicarakan saat rapat koordinasi pemerintah dalam hal ini Kemenag, Kemlu, Kemenkes,Kemenhub bersama asosiasi penyelenggara umrah  yang siap memberangkatkan jamaah umrah serta dengan KJRI, Konjen Jeddah pada siang tadi.

“Kami rapatkan bersama-sama, kami sampaikan (pernyataan) menteri agama tersebut. Kemudian para asosiasi memberikan tanggapan siap melaksanakan keputusan presiden ataupun keputusan menteri,”ucapnya.

- Advertisement -

Namun pada saat rapat tersebut, pihak asosiasi mengusulkan agar tetap ada pemberangkatan umrah perdana tanggal 23 Desember 2021 walaupun dengan jumlah yang kecil. Mereka pun siap bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik dan berhati-hati dalam umrah perdana itu.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada bapak Dirjen, kami bahas tentang hal ini apakah masih dimungkinkan menerima usulan ini atau sudah keputusan untuk ditunda. Tapi kemarin sekali lagi arahannya bapak menteri memang memang ditunda umrah ditunda,”ujar dia.

- Advertisement -

Arifin mengatakan setelah tanggal 02 Januari 2022, Kemenag akan terus melakukan evaluasi terkait perkembangan covid 19 di Indonesia. Jika sudah dipastikan reda, baru pihaknya akan membahas soal aturan regulasi umrah terbaru beserta revisi biaya referensi umrah.

“Betul kondisinya akan terus berkembang maka beberapa kali kita melakukan pembahasan. Tapi perkembangannya terus fluktuatif, situasinya tidak langsung tetap,”ucapnya. (AHM/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini