spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Pejabat AS Mundur , Usai Biden Kirim Senjata ke Israel

KNews.id – Seorang pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) yang terlibat dalam transfer senjata ke sekutu-sekutu utama negeri Paman Sam mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Rabu (18/10/2023) waktu setempat. Alasannya, bahwa “keputusan-keputusan yang picik” oleh pemerintahan Biden mengharuskannya membuat kompromi moral yang amat berat.

“Dalam 11 tahun saya, saya telah membuat lebih banyak kompromi moral daripada yang dapat saya ingat, masing-masing amat berat, tetapi masing-masing dengan dibuat dengan janji saya kepada diri sendiri, dan secara utuh,” tulis pejabat tersebut, Josh Paul, dalam sebuah postingan yang menjelaskan keputusannya yang dikutip dari Politico.

- Advertisement -

Adapun Paul bekerja untuk Biro Urusan Politik-Militer Negara Bagian, menurut pernyataannya dan profil LinkedIn. Kantor tersebut mengelola hubungan pertahanan dengan sekutu AS dan mengawasi transfer senjata dan persenjataan perang.

Keputusannya diambil ketika pemerintahan Biden telah mengirimkan senjata dan amunisi ke Israel, sekutu lamanya di Timur Tengah, menyusul serangan mendadak kelompok militan Palestina Hamas terhadap negara tersebut pada 7 Oktober lalu. Sebagian masyarakat AS pun telah mengkritik keras persekutuan Amerika dengan Israel, mulai dari protes publik tingkat tinggi hingga di kampus-kampus.

- Advertisement -

“Saya tidak bisa mendukung serangkaian keputusan kebijakan besar ini, termasuk mengerahkan lebih banyak senjata ke satu pihak yang berkonflik, yang saya yakini bersifat picik, destruktif, tidak adil, dan bertentangan dengan nilai-nilai yang kita anut secara terbuka,” tambah Paul.

Presiden Joe Biden, yang Partai Demokratnya semakin menyatakan simpatinya terhadap rakyat Palestina, telah mengambil tindakan atas situasi ini. Sambil menunjukkan dukungan seluruh pemerintah terhadap Israel, Biden juga berupaya mengungkapkan keprihatinan bahwa negara sahabat lama AS itu bertindak secara tidak manusiawi terhadap Jalur Gaza.

- Advertisement -

“Tanggapan pemerintahan ini – dan juga sebagian besar tanggapan Kongres – adalah reaksi impulsif yang dibangun di atas bias konfirmasi, kenyamanan politik, kebangkrutan intelektual, dan kelambanan birokrasi,” tulis Paul dalam pernyataannya.

Dalam pernyataannya kepada Politico, Paul menguraikan beberapa tindakan yang menurutnya dapat diambil oleh pemerintahan Biden dan Kongres untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung dengan lebih baik.

Itu termasuk pengakuan terhadap negara Palestina sebagai awal dari proses diplomasi, bukan sebagai tujuan akhir. Serta, pengakuan yang lebih baik atas risiko hak asasi manusia dalam transfer senjata.

AS tidak boleh memberikan senjata ke dalam konflik di mana terdapat risiko yang mencolok – didukung oleh catatan sejarah yang panjang – yang mungkin menimbulkan kerugian sipil yang tidak proporsional.

Selama perjalanan ke Israel pada hari Rabu, Biden mengumumkan bantuan kemanusiaan senilai US$100 juta (Rp1,58 triliun) ke Gaza dan West Bank yang diduduki Israel. Departemen Luar Negeri AS pun menolak berkomentar soal kemunduran Paul.  (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini