spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

PDIP Sumut Lebih Terbuka Dukung Edy Rahmayadi daripada Bobby di Pilgub

 

KNews.id – Nama eks Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Bobby Nasution menguat menjadi bakal calon dalam Pilgub Sumut 2024.
Edy disebut lebih berpeluang diusung PDIP dibandingkan Bobby Nasution untuk Pilgub Sumut.

- Advertisement -

Hal itu diungkap Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Aswan Jaya saat ditanya perihal kemungkinan mengusung Bobby–yang sebelumnya sebagai kader partai tersebut–dalam Pilgub Sumut.

Aswan menjawab peluang mendukung atau mengusung menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu sulit. Apalagi, sambungnya, melihat manuver Jokowi untuk ‘memuluskan’ kemenangan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

- Advertisement -

“Kalau peluang ada saja, cuman untuk kasus Bobby ini pertimbangannya begitu rumit, disebabkan oleh peristiwa-peristiwa Pilpres dan pemilihan yang lalu ini, itu membuat peluang Bobby bersama PDI Perjuangan tipis lah,” sebut Aswan.

Bobby Buka Suara soal Peluang Maju Pilgub Sumut 2024
Selain itu, Aswan Jaya mengungkap bahwa PDIP menjalin komunikasi yang baik dengan Edy Rahmayadi sejak masih menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). Aswan menilai lebih ada peluang bila PDIP berkoalisi dengan Edy di Pilgub Sumut 2024.

- Advertisement -

“Komunikasi PDI Perjuangan dengan Pak Edy Rahmayadi semasa dia menjadi gubernur cukup baik dan bagus, baik dia komunikasi formal maupun informal, antar legislatif maupun eksekutif baik-baik saja, saya pikir komunikasi itu masih terus berjalan dan peluang itu masih tetap ada untuk bisa bersama,” katanya.

Aswan menerangkan Pilkada serentak 2024 sudah mulai dibahas di internal partai. Koordinasi di tingkat nasional soal rekrutmen calon kepala daerah sudah mulai berlangsung.

“Di tingkat nasional itu baru tingkat koordinasi untuk menentukan mekanisme rekrutmen cakada atau calon kepala daerah beberapa hari yang lalu,” kata Aswan.

Dalam konteks Pilgub Sumut 2024, PDIP disebut memiliki sejumlah kader yang dinilai pantas bertarung. Mulai dari Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon hingga pemilik suara terbanyak DPR RI dari dapil Sumut I, Sofyan Tan.

“Banyak kalau di PDI Perjuangan, ada Rapidin Simbolon yang baru terpilih DPR RI ini membuktikan kalau beliau berprestasi, kursi DPRD provinsi naik sehingga membuka ruang untuk beliau, ada Sutarto sekretaris partai, ada Sofyan Tan yang suaranya terbanyak kan, Bane Raja Manalu, Sihar Sitorus yang juga terpilih patut untuk dipertimbangkan,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Bobby Nasution menyatakan kesiapannya untuk bertarung pada kontestasi Pilgub Sumut 2024. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan maju jika mendapat dukungan partai politik.

“Ya kalau didukung ya saya siap,” kata Bobby di Medan Senin (18/3).

Meski begitu dia belum terlalu memikirkan hal tersebut. Dia beralasan tengah fokus terhadap tugasnya sebagai Wali Kota Medan.

“Kalau misalnya ditanya persiapannya apa? nah partai itu kan mendukung karena kinerja, jadi kerja dulu aja,” lanjutnya.

Selain itu, Edy Rahmayadi juga sudah menyatakan sikap untuk kembali mencalonkan diri di Pilgub Sumut 2024. Selain keduanya, ada juga nama Ketua DPD I Golkar Sumut Musa Rajekshah alias Ijeck yang masuk bursa calon Gubsu.

(Zs/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini