spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

PBB Serukan Negara-negara Selamatkan Rohingya Terombang-ambing di Laut

KNews.id – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan negara-negara untuk menyelamatkan ratusan warga Rohingya, yang disebut terjebak di dua kapal tak layak pakai, yang terombang-ambing di Laut Andaman.

Setiap tahun, ribuan warga Rohingya yang meninggalkan Myanmar, mempertaruhkan nyawa mereka dalam perjalanan laut yang panjang dan mahal – seringkali dengan kapal yang kondisinya buruk – untuk mencapai Malaysia atau Indonesia.

- Advertisement -

Badan Pengungsi PBB (UNHCR)  meminta negara-negara terdekat “untuk segera mengerahkan seluruh kapasitas pencarian dan penyelamatan mereka sebagai respons terhadap kapal-kapal yang dilaporkan berada dalam kesulitan dan ratusan warga Rohingya berisiko meninggal”.

Dua kapal yang penuh sesak dan membawa sekitar 400 penumpang itu mengalami kerusakan mesin, dan orang-orang kini “terapung di kapal yang tidak layak berlayar di Laut Andaman”, kata UNHCR mengutip “berbagai sumber”.

- Advertisement -

Makanan dan air mungkin akan habis, ujar UNHCR, seraya menambahkan “ada risiko kematian yang signifikan dalam beberapa hari mendatang jika orang-orang tidak diselamatkan dan diturunkan ke tempat yang aman”. Lokasi pasti kapal-kapal tersebut tidak diketahui dan tidak jelas kapan, atau dari mana tepatnya, mereka berangkat.

Seruan UNHCR ini muncul ketika terjadi lonjakan perjalanan ke provinsi paling barat Indonesia, Aceh – yang menempuh jarak sekitar 1.800 kilometer (1.120 mil) – dengan lebih dari 1.000 kedatangan dalam gelombang terbesar sejak tahun 2017.

Lebih dari 3.500 warga Rohingya diyakini telah melakukan perjalanan berisiko ke negara-negara Asia Tenggara pada tahun 2022, menurut UNHCR. Hampir 350 orang Rohingya tewas atau hilang tahun lalu ketika mencoba melakukan penyeberangan laut yang berbahaya, menurut perkiraan badan tersebut.
(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini