spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Partai Ummat: Amien Rais tak dapat Disamakan dengan Gus Dur

KNews.id- Wakil Ketua Umum Partai Ummat Agung Mozin menanggapi soal ketokohan Ketua Dewan Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais yang dianggap sekelas Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Hal itu lantaran Amien Rais disebut masih menjadi tokoh panutan di lingkungan Muhammadiyah sama seperti halnya Gus Dur yang melekat di Nahdlatul Ulama.

“Saya kira begini Gus Dur dan Amien Rais tidak bisa disamakan, dan tidak bisa dibandingkan,” ujar Agung kepada VOI, Sabtu, 1 Mei.

- Advertisement -

Menurut Amien, keduanya sama-sama mempunya kelebihan dan ketokohan masing-masing yang saling melengkapi.

“Jadi seperti Gus Dur, bisa saja sama dengan hal tertentu, tapi tidak dalam hal lain. Tapi intinya adalah keduanya telah terbukti sebagai satunya ketua Muhammadiyah, satunya ketua NU. Dua tokoh nasional dari ormas besar di Indonesia,” kata Agung Mozin.

- Advertisement -

Sebelumnya, Putri Presiden RI-4 Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, tak berkomentar terkait analogi ‘Amien Rais Sekelas Gus Dur’, namun menurut pihaknya, publik tentu tahu mana tokoh-tokoh yang betul-betul dianggap sebagai figur teladan.

“No comment untuk masalah ini. Publik lebih paham mana yang lebih bisa dipercaya diantara tokoh-tokoh yang ada,” ujar juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid kepada VOI, Sabtu, 1 Mei.

- Advertisement -

Anggapan ini bermula saat pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Andriadi Achmad menilai, ketokohan Amien Rais masih menjadi magnet bagi Partai Ummat. Bahkan, mantan ketua MPR itu bisa saja sukses membawa partainya mengikuti gelaran pemilu.

“Anggapan pamor Amien Rais telah usang hanya persepsi media saja. Sebab di Indonesia, siapa yang bertentangan dengan pemerintah pasti dibusukkan oleh buzzer dan lainnya,” ujar Andriadi kepada VOI, Jumat, 30 April.

Menurutnya, bapak reformasi itu hampir tidak ada celah kesalahan yang bisa didongkel untuk dijegal dalam kancah perpolitikan nasional.

“Kalau Amien Rais enggak ada celah, korupsi tidak, dia tokoh melenceng juga tidak cuma dia lebih kritis dan kadang-kadang banyak orang tidak menyukai bahkan dibesar-besarkan,” katanya.

Andriadi menganalogikan Amien Rais bak Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang ditokohkan identik dengan ormas Islam terbesar Indonesia Nahdlatul Ulama (NU).

Ketokohan Gus Dur bahkan melekat pada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meski presiden ke-4 itu telah wafat dan partainya telah berganti ketua umum.

“Jadi Amien Rais itu saya pikir tidak jelek. Dia (Amien, red) sekelas Gus dur loh. Maksudnya, dia tokoh Muhammadiyah, Gus Dur NU yang massa fanatismenya itu masih ada ” jelas Andriadi. (AHM/voi)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini