spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Partai Oposisi di Israel Membentuk Koalisi untuk Menumbangkan Netanyahu

KNews.id- Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, mengklaim telah berhasil membentuk koalisi baru untuk mengalahkan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. Koalisi itu tinggal menunggu penetapan oleh Knesset atau parlemen Israel, untuk diresmikan menjadi pemerintahan baru Israel.

Dikutip AFP, Kamis (3/6/2021), pengumuman Lapid ini disampaikan pada jam-jam akhir sebelum batas waktu pembentukan pemerintahan baru berakhir pada Rabu (2/6) tengah malam waktu setempat.

- Advertisement -

Lapid mengaku, koalisi ini terbentuk setelah melakukan perundingan secara maraton dengan sejumlah partai politik Israel yang beragam, namun bersatu dalam tekad melengserkan Netanyahu.

Jika koalisi itu disepakati 120 anggota Knesset dalam beberapa hari ke depan, maka akan mengakhiri kekuasaan Netanyahu yang mendominasi politik Israel sejak lama.

- Advertisement -

“Saya berhasil,” kata Lapid yang seorang mantan penyiar berita televisi ini, dalam pernyataan via Facebook.

“Saya menjanjikan bahwa pemerintahan ini akan bekerja untuk melayani semua warga negara Israel, orang-orang yang memilih mereka dan orang-orang yang tidak memilih mereka,” tegasnya.

- Advertisement -

Jutawan teknologi beraliran nasionalis sayap kanan, Naftali Bennett (49), akan menjabat sebagai PM Israel yang pertama dalam koalisi yang memiliki perjanjian rotasi kepemimpinan ini. Lapid selanjutnya akan mengambil alih jabatan PM Israel setelah dua tahun kemudian.

“Dengan pertolongan Tuhan kita akan melakukan bersama-sama apa yang baik untuk Israel dan kita akan membuat Israel kembali ke jalurnya,” ucap Bennett kepada Presiden Reuven Rivlin setelah Lapid memberitahu pembentukan koalisi tersebut.

Oposisi Israel kini memiliki waktu setidaknya sepekan sebelum para anggota parlemen Israel menggelar voting untuk menetapkan pemerintahan baru — periode di mana Netanyahu dan partainya, Likud, akan berupaya mencegah penetapan itu dengan cara apapun.

Apabila terjadi pembelotan pada menit-menit akhir dalam koalisi yang dibentuk Lapid, maka Israel kemungkinan besar akan menggelar pemilu kembali — yang akan menjadi pemilu kelima dalam dua tahun terakhir.

Lapid yang memimpin partai sentris sekuler Yesh Atid ini ditugaskan membentuk pemerintahan baru untuk Israel, setelah Netanyahu gagal melakukan hal serupa hingga batas waktu yang ditetapkan berakhir. Lapid berhasil meraup dukungan Bennett yang memimpin Partai Yamina pekan lalu.

Untuk membentuk blok anti-Netanyahu, Lapid harus menandatangani perjanjian individu dengan tujuh partai politik berbeda. Partai yang bersedia berkoalisi dengannya termasuk Partai Harapan Baru yang dipimpin bekas sekutu Netanyahu, Gideon Saar dan Partai Yisrael Beitenu yang dipimpin tokoh nasionalis sekuler Avigdor Lieberman.

Partai lain yang menjadi bagian koalisi ini mencakup Partai Buruh, Partai Meretz, dan Partai Biru-Putih yang menaungi mantan Menteri Pertahanan Benny Gantz yang gagal menantang Netanyahu dalam tiga pemilu terakhir.

Koalisi yang dijuluki ‘koalisi perubahan’ ini juga menyertakan partai konservatif Arab-Israel, Partai Raam, yang ketuanya, Mansour Abbas, mengumumkan dirinya bergabung koalisi Lapid demi mengamankan pendanaan dan kebijakan yang menguntungkan 20 persen minoritas warga keturunan Palestina di Israel.

“Saya baru saja menandatangani perjanjian dengan Yair Lapid agar dia bisa mengumumkan bahwa dia mampu membentuk pemerintahan setelah mencapai kesepakatan dalam berbagai isu yang memenuhi kepentingan masyarakat Arab,” tukas Abbas. (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini