spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Pantesan Jokowi Menyuruh Banyak Jajan, Mal, dan Restoran Bertumbangan!

KNews.id- Restoran dan mal menjadi sektor paling terpukul akibat pandemi Covid-19. Akibat pembatasan aktivitas hingga pelonggaran bersyarat. Restoran tutup hingga penampakan mal yang sangat sepi sampai seperti di kuburan bukan pemandangan aneh lagi saat pandemi mencekam.

Hingga kini, masih terlihat gerai-gerai yang tadinya merupakan coffee shop, restoran, dan mal yang sepi bahkan tutup. Efek domino pandemi hingga ketidakpastian perekonomian jadi pemicu belum maksimalnya pemulihan sektor-sektor usaha yang ambruk akibat pandemi Covid-19. Masyarakat pun jadi semakin irit dan menahan diri belanja.

- Advertisement -

Seperti diketahui kasus pertama Covid-19 di Indonesia dikonfirmasi pada 2 Maret 2020. Sejak saat itu, sejumlah kebijakan pembatasan diberlakukan, mulai dari skala besar (Pembatasan Sosial Berskala Besar/ PSBB), lockdown mikro, dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bertingkat.

“Penurunan pertumbuhan ekonomi dari konsumsi masyarakat di 2022 disebabkan efek masyarakat menengah ke bawah yang terdampak (kenaikan harga) BBM, sehingga menyebabkan inflasi naik di Oktober, November, Desember sampai Januari di atas 5%. Itu menggerus daya beli pada akhirnya ngaruh ke konsumsi masyarakat umum,” kata Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad dalam Squawk Box CNBCIndonesia, Senin (27/2).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini