spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Paket Stimulus Disetujui, Ekonomi AS Diyakini Tumbuh Lebih dari Lima Persen

KNews.id- Setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani UU Stimulus Fiskal USD1,9 triliun atau setara Rp26.600 triliun (kurs Rp 14.000) menjadi Undang-Undang. Direktur Investasma Hans Kwee, memperkirakan ekonomi AS akan tumbuh lebih dari 5% dari perkiraan sebelumnya 4%.

Sekadar diketahui bahwa paket stimulus USD1,9 triliun juga menyediakan USD400 miliar untuk USD1.400 pembayaran langsung kepada sebagian besar orang Amerika.

- Advertisement -

“Pemulihan ekonomi yang cepat berpotensi mendorong inflasi lebih tinggi dan pada akhirnya menaikan suku bunga,” kata Hans Kwee di Jakarta, Ahad (14/3).

Selain itu pemulihan ekonomi AS diyakini akan lebih cepat dari negara lain dan berpotensi menaikkan minat pelaku pasar akan aset berisiko di AS dan menyebabkan Dolar AS menguat.

- Advertisement -

Tetapi di jangka pendek, terang Hans Kwee, stimulus akan menyebabkan likuiditas Dollar yang longgar di pasar keuangan, sehingga berpotensi memperlemah Dolar AS terhadap mata uang negara lain.

Sementara itu, Presiden Joe Biden mengumumkan mengambil tindakan agresif untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 dan membuat negara bisa pulih pada 4 Juli 2021.

- Advertisement -

Rupanya hal itu lebih cepat dari perkiraan awal dimana AS diprediksi kembali normal pada Maret 2022. Biden juga akan memerintahkan seluruh negara bagian, wilayah, dan suku AS untuk membuat semua orang dewasa memenuhi syarat menerima vaksin Covid-19 paling lambat 1 Mei 2020. Hal terjadi setelah Biden mengumumkan akan ada kecukupan vaksin Covid-19 untuk semua orang dewasa Amerika pada akhir Mei.

Percepatan ini tidak lepas dari Food and Drug Administration (FDA), memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 dosis tunggal Johnson & Johnson. Ini merupakan vaksin virus Covid 19 ketiga yang disetujui di AS.

Produsen vaksin Merck, pesaing Johnson & Johnson, kemudian setuju untuk membantu memproduksi vaksin yang baru disetujui untuk menggandakan kapasitas untuk warga AS. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini