spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Pakar Radio Astronomi Prediksi Soal Hari Kiamat

KNews – Pakar radio astronomi prediksi soal hari kiamat. Kapan kiamat sering jadi pertanyaan yang muncul. Walau hanya Tuhan yang tahu, secara sains ada prediksi kapan kehancuran Bumi.

Mari kita abaikan kemungkinan Bumi dihantam oleh benda besar luar angkasa, asteroid atau tubrukan planet misalnya, sehingga peradaban di Bumi punah. Kita berandai-andai, Bumi akan selalu aman hingga Matahari berubah menjadi ‘red giant star’ atau ‘bintang merah raksasa’.

- Advertisement -

“Saat bahan bakar termonuklir Matahari, hidrogen, menjadi habis di intinya, luar bintang kita akan mulai mengembang. Dalam fase evolusinya ini, Matahari akan kehilangan sejumlah besar massa, yang berarti orbit Bumi juga akan mengembang,” kata Dr Alastair Gunn, pakar radio astronomi dari Jodrell Bank Centre for Astrophysics di University of Manchester.

“Namun, teori saat ini menunjukkan orbit baru tidak akan cukup besar bagi Bumi untuk menghindari interaksi dengan atmosfer bawah Matahari yang mengembang. Ini berarti Bumi kemungkinan masih akan diuapkan oleh bintang yang sedang tumbuh itu (Matahari),” sambungnya.

- Advertisement -

Dr Gunn menambahkan, kehancuran Bumi ini diprediksi masih sangat jauh, sekitar 7,59 miliar tahun ke depan, menurut beberapa perhitungan.

Tapi ini kan hanya prediksi sains, kebenaran kapan Bumi akan hancur hanya Tuhan yang tahu. Demikian melansir Science Focus, Rabu (20/7/2022). (RKZ/detik)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini